PENGARUH PURIFIKASI BAHAN BAKAR TERHADAP PRESTASI MESIN DIESEL


Suhasdin, A. M. Ismail (2020) PENGARUH PURIFIKASI BAHAN BAKAR TERHADAP PRESTASI MESIN DIESEL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D21116516_skripsi_22-09-2020_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1 dan 2] Text (Bab 1 dan 2)
D21116516_skripsi_22-09-2020_1-2(FILEminimizer).pdf

Download (689kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D21116516_skripsi_22-09-2020_Daftar Pustaka dan lamp.(FILEminimizer).pdf

Download (177kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D21116516_skripsi_22-09-2020(FILEminimizer) ............. 0k.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Gasoil atau biasa disebut high speed diesel/minyak solar/biosolar adalah bahan bakar jenis distilat yang digunakan untuk mesin diesel. Bahan bakar tersebut dimungkinkan masih mengandung kadar air dan sedimen. Maka dari itu, sebelum digunakan untuk memenuhi kebutuhan mesin diesel, sebaiknya bahan bakar terlebih dahulu melalui proses purifikasi. Purifikasi bertujuan untuk memisahkan minyak, air dan kotoran dengan menggunakan gaya sentrifugal yang bekerja berdasarkan perbedaan berat jenis dan minyak, air dan kotoran, sehingga zat yang mempunyai berat jenis lebih besar akan terlempar keluar terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi bahan bakar purifikasi terhadap karakteristik bahan bakar, menganalisis pengaruh variasi bahan bakar purifikasi terhadap kinerja mesin diesel tipe TV1, dan menganalisis pengaruh variasi bahan bakar purifikasi terhadap pembakaran mesin diesel TV1. Dengan variasi bahan bakar sebelum purifikasi, setelah purifikasi tanpa pemanas, dan setelah purifikasi dengan pemanas 70 ᵒC didapatkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Variasi bahan bakar setelah purifikasi dengan pemanas 70 ᵒC dihasilkan nilai viskositas minimum, densitas minimum, dan nilai kalor maksimum, sedangkan titik nyala pada ketiga variasi bahan bakar purifikasi bernilai konstan; (2) Nilai daya indikasi maksimum terjadi pada variasi bahan bakar setelah purfikasi tanpa pemanas, sedangkan nilai daya efektif, torsi, konsumsi bahan bakar spesifik, dan efisiensi termal tidak signifikan berubah terhadap ketiga variasi bahan bakar; (3) Pada hasil pembakaran, terjadi pra-penyalaan bahan bakar akibat rasio kompresi yang tinggi, namun variasi bahan bakar setelah purifikasi tanpa pemanas menghasilkan pembakaran paling optimal dimana fraksi massa terbakar 50%-90% mendekati nilai optimal (8 ᵒE) pada -1,47 ᵒE.
Kata kunci: Solar, purifikasi bahan bakar, karakteristik, mesin diesel TV1, kinerja, hasil pembakaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Solar, purifikasi bahan bakar, karakteristik, mesin diesel TV1, kinerja, hasil pembakaran
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 15 Dec 2020 01:31
Last Modified: 15 Dec 2020 01:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1225

Actions (login required)

View Item
View Item