PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL TERHADAP KOMITMEN PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA PT. WIJAYA KARYA (PERSERO) TBK = EFFECT OF ORGANIZATIONAL JUSTICE ON EMPLOYEE COMMITMENT THROUGH JOB SATISFACTION TOWARDS ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR IN WIJAYA KARYA (PERSERO) TBK


PALEMBANGAN, SERDY (2021) PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL TERHADAP KOMITMEN PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA PT. WIJAYA KARYA (PERSERO) TBK = EFFECT OF ORGANIZATIONAL JUSTICE ON EMPLOYEE COMMITMENT THROUGH JOB SATISFACTION TOWARDS ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR IN WIJAYA KARYA (PERSERO) TBK. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012191037_tesis1.png cover.png

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012191037_tesis.pdf 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012191037_tesis.pdf dp.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012191037_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract (Abstrak)

SERDY. Penelitian tentang pengaruh keadilan organisasional terhadap komitmen
pegawai melalui kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior pada PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk (dibimbing oleh Dian A.S Parawansa dan Indrianty Sudirman)

Penelitian ini bertujuan mengkaji dan menganalisis pengaruh keadilan organisasional terhadap komitmen pegawai melalui mediasi kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior pada PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk divisi infrastruktur 2.

Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei, menggunakan instrumen kuisioner yang dibuat pada platform google form dan disebarkan kepada 171 pegawai dengan dua kelompok status pegawai yaitu organik dan terampil. Dari 171 pegawai tersebut, yang memberikan respon adalah sebanyak 152 pegawai. Pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling menggunakan rumus Slovin sehingga didapatkan 120 sampel yang akan digunakan untuk olah data. Analisis data menggunakan Teknik Analisis Jalur/Path Analysis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keadilan organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen pegawai, (2) Keadilan Organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap organizational citizenship behavior pada PT. Wijaya Karya (Persero)Tbk, (3) Keadilan Organisasional secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen pegawai pada PT. Wijaya Karya (Persero)Tbk, (4) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen pegawai pada PT. Wijaya Karya (Persero)Tbk, (5) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior pada PT. Wijaya Karya (Persero)Tbk, (6) organizational citizenship behavior tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen pegawai pada PT. Wijaya Karya (Persero)Tbk, (7) keadilan organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen pegawai melalui mediasi kepuasan kerja, (8) Tidak terdapat pengaruh signifikan dari keadilan organisasional terhadap komitmen pegawai melalui mediasi organizational citizenship behavior, (9) Pada variabel keadilan organisasi, indikator yang mendapatkan poin persepsi paling tinggi adalah indikator keadilan interaksional sedangkan yang paling rendah adalah indikator keadilan prosedural, (10) Pada variabel kepuasan kerja, indikator yang mendapatkan poin persepsi paling tinggi adalah indikator rekan kerja yang mendukung sedangkan yang paling rendah adalah indikator gaji atau upah yang pantas, (11) Pada variabel organizational citizenship behavior, indikator yang mendapatkan poin persepsi paling tinggi adalah indikator Courtesy sedangkan yang paling rendah adalah indikator Conscientiusness, (12) Pada variabel komitmen pegawai, indikator yang mendapatkan poin persepsi paling tinggi adalah indikator komitmen normatif sedangkan yang paling rendah adalah indikator komitmen kontinu.
Keywords : keadilan organisasi; kepuasan kerja; organizational citizenship behavior; komitmen pegawai

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jan 2022 04:02
Last Modified: 15 Jan 2022 04:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12242

Actions (login required)

View Item
View Item