Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening (Studi di PT Perkebunan Nusantara XIV) = The Influence of Organizational Culture and Leadership on Employee Performance with Organizational Commitment as Intervening Variables (Study at PT Perkebunan Nusantara XIV)


Ariprayugo, Galih (2021) Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening (Studi di PT Perkebunan Nusantara XIV) = The Influence of Organizational Culture and Leadership on Employee Performance with Organizational Commitment as Intervening Variables (Study at PT Perkebunan Nusantara XIV). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012191012_tesis cover.png

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012191012_tesis 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012191012_tesis dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012191012_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah secara kritis terkait penerapan budaya organisasi dan gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh PT Perkebunan Nusantara XIV dan pengaruhnya terhadap Komitmen Organisasi dan Kinerja Karyawan. Penelitian ini dilaksanakan di PT Perkebunan Nusantara XIV dengan mengambil data dari karyawan tetap.

Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Data dikumpulkan dari 213 responden yang dipilih menggunakan pertimbangan yaitu harus memiliki kriteria sebagai karyawan tetap dan memiliki masa kerja lebih dari 1 (satu) tahun. Metode analisis adalah Structural Equation Modelling dengan program AMOS versi 24.0.

Hasilnya menunjukkan bahwa Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi. Kemudian, Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan namun Gaya Kepemimpinan tidak memiliki pengaruh terhadap Kinerja Karyawan. Selain itu, Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan melalui Komitmen Organisasi
Keywords : budaya organisasi, gaya kepemimpinan, komitmen organisasi, kinerja karyawan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jan 2022 03:56
Last Modified: 15 Jan 2022 03:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12233

Actions (login required)

View Item
View Item