Purnamasari, Astri Wulan (2021) ANALISIS KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SORONG. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
A012181032_tesis cover1.png
Download (86kB) | Preview
A012181032_tesis 1-2.pdf
Download (2MB)
A012181032_tesis dp.pdf
Download (3MB)
A012181032_tesis.pdf
Download (6MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini dilakukan penulis dengan tujuan mengetahui kinerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sorong dilihat pada aspek inputs (masukan), process (proses), outputs (keluaran), outcomes (hasil), benefits (manfaat), dan inpacts (dampak). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak delapan orang. Jawaban dari informan dianalisis dengan model intraktif yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, verifikasi/kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai di Sekretariat Daerah Kabupaten Sorong yang dinilai terlaksana dengan baik, hal ini tidak terlepas dari semua indikator dalam penelitian ini hasilnya terlaksana baik. Keberhasilan tujuan yang telah direncanakan pemerintah daerah Kabupaten Sorong ialah memastikan input di dalam organisasi telah tersedia dengan baik, mulai dari sumber daya manusia yang handal dan kompoten terhadap tugas yang akan dibebankan kepadanya, adanya sarana dan prasarana yang memadai serta kecukupan anggaran yang akan digunakan dalam pelaksanaan segala pekerjaan yang telah dirumuskan, sehingga dari beban tupoksi dan program kerja dapat direalisasikan dengan maksimal serta memberikan manfaat dan dampak yang positif bagi kebutuhan layanan masyarakat dan juga peningkatan pembangunan daerah. Hasil dari kinerja pegawai tidak terlepas dengan proses kerja yang dilakukan pegawai dengan pemanfaatan segala sumber daya yang optimal. Bukti capaian hasil kinerja pegawai di Sekretariat Daerah ialah adanya sistem pelayanan yang lebih transparan dan akuntabel sehingga memberikan kepuasan bagi masyarakat yang sedang membutuhkan layanan tersebut, selain daripada itu, bukti nyata dari kinerja pegawai ialah adanya pembangunan fisik yang telah dikerjakan seperti pembangunan infrastruktur jalan, listrik, destinasi wisata, UMKM, pendidikan dan sebagainya yang telah dapat dinikmati hasilnya baik untuk saat ini dan untuk yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 15 Jan 2022 03:48 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 07:44 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12185 |