ANALISIS KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA BISNIS UKM PADA GO-FOOD DI MAKASSAR = ANALYSIS OF COMPETITIVE ADVANTAGES AND PERFORMANCE OF SME BUSINESS ON GO-FOOD IN MAKASSAR


Fitriany, Fitriany (2021) ANALISIS KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA BISNIS UKM PADA GO-FOOD DI MAKASSAR = ANALYSIS OF COMPETITIVE ADVANTAGES AND PERFORMANCE OF SME BUSINESS ON GO-FOOD IN MAKASSAR. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P0500316412_disertasi1.png cover.png

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P0500316412_disertasi.pdf 1-2.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P0500316412_disertasi.pdf dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P0500316412_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract (Abstrak)

FITRIANY. Analisis Keunggulan Bersaing dan Kinerja Bisnis UKM pada Go-Food di Makassar. Promotor: Nurdin Brasit. Ko-Promotor: Idayanti Nursyamsi dan Nuraeni Kadir

Kemajuan teknologi membawa begitu banyak perubahan sektor yang berdampak bagi pengembangan kualitas hidup dan juga taraf hidup masyarakat termasauk sektor UKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung antarvariabel. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 766 UKM, dan sampel yang dipilih yakni 200 UKM. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni kuesioner. Adapun variabel penelitian yakni Wawasan Kewirausahaan (X1), Orientasi Pasar (X2), knowledge sharing (X3), inovasi (Y1), Strategi Bisnis (Y2),Kinerja UKM (Z1), dan Keunggulan Bersaing (Z2). Metode analisis data yang digunakan yakni pengujian instrument, evaluasi model pengukuran refleksif, evaluasi model struktural, evaluasi model pengukuran formatif, dan analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung antara Strategi Bisnis terhadap Keunggulan Bersaing dan Keunggulan bersaing terhadap Kinerja UKM.
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung antara Strategi Bisnis terhadap Kinerja UKM melaui Keunggulan bersaing. Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing melalui Knowledge Sharing. dan Strategi Bisnis, Wawasan Kewirausahaan terhadap Kinerja UKM melalui Inovasi. Orientasi Pasar terhadap Kinerja UKM melalui Wawasan Kewirausahaan dan Inovasi. Kemampuan Knowledge sharing terhadap Keunggulan bersaing melalui Strategi Bisnis.
Kata kunci : Keunggulan Bersaing, Kinerja Bisnis UKM

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jan 2022 03:39
Last Modified: 15 Jan 2022 03:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12140

Actions (login required)

View Item
View Item