PENGARUH STRES KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS PEKERJA SHIFT BAGIAN PRODUKSI DI PT. CAHAYA ANUGERAH SENTOSA MAKASSAR = THE EFFECT WORK STRESS ON THE SHIFT WORKER’S PRODUCTIVITY IN PRODUCTION DEPARTEMENT AT PT. CAHAYA ANUGERAH SENTOSA MAKASSAR


Lambo, Herlin Manga (2022) PENGARUH STRES KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS PEKERJA SHIFT BAGIAN PRODUKSI DI PT. CAHAYA ANUGERAH SENTOSA MAKASSAR = THE EFFECT WORK STRESS ON THE SHIFT WORKER’S PRODUCTIVITY IN PRODUCTION DEPARTEMENT AT PT. CAHAYA ANUGERAH SENTOSA MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012191061_tesis cover1.jpg

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012191061_tesis bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012191061_tesis dapus-lamp.pdf

Download (761kB)
[thumbnail of full taxt] Text (full taxt)
K012191061_tesis (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

HERLIN MANGA LAMBO. Pengaruh Stres Kerja Terhadap Produktivitas Pekerja Shift Bagian Produksi Di PT. Cahaya Anugerah Sentosa Makassar. (Dibimbing oleh Rafael Djajakusli dan Masyitha Muis).

Produktivitas didefinisikan sebagai prestasi pekerja dalam bekerja berdasarkan kualitas, kuantitas dan ketepatan waktu. Produktivitas dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah stres kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap produktivitas pekerja shift berdasarkan umur, jenis kelamin, masa kerja, monotoni, shift kerja dan kualitas tidur sebagai variabel konfonding di PT. Cahaya Anugerah Sentosa.

Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Jumlah responden sebanyak 49 orang yang dipilih dari 73 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan secara online. Analisis data bivariat menggunakan fisher exact test dan analisis multivariat menggunakan regresi logistik berganda dengan model faktor risiko.

Hasil analisis bivariat diperoleh stres kerja berpengaruh terhadap produktivitas (p=0.001), berdasarkan pekerja yang berumur tua (p=0.004), jenis kelamin perempuan (p=0.001), masa kerja lama (p=0.018), kondisi monoton (p=0.006), shift kerja buruk (p=0.008) dan kualitas tidur buruk (p=0.003). Hasil analisis multivariat menunjukkan strss kerja berpengaruh terhadap produktivitas (p=0.001 dan Exp (B) = 11,55) dengan jenis kelamin dan monotoni sebagai variabel konfonding. Saran untuk perusahaan, memberikan insentif kepada tenaga kerja sebagai penghargaan atas prestasi yang dicapai untuk menambah motivasi pekerja agar lebih semangat, pekerja perempuan tidak dipekerjakan pada shift malam, serta mengatur ulang lama kerja dan memprogramkan serta mengalokasikan waktu bagi pekerja melakukan gerakan fisik untuk mengurangi kekakuan otot dan perasaan bosan yang disebabkan oleh aktivitas kerja yang monoton.
Kata kunci: Produktivitas, Stres Kerja, Jenis Kelami Monotoni, Shift Kerja.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:22
Last Modified: 12 Jan 2022 04:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12055

Actions (login required)

View Item
View Item