Hubungan Gangguan Tidur Dengan Prestasi Belajar Murid Kelas X-XII Di SMA Katolik Rajawali Makassar Tahun 2021


Pakan, Lilian Stella (2021) Hubungan Gangguan Tidur Dengan Prestasi Belajar Murid Kelas X-XII Di SMA Katolik Rajawali Makassar Tahun 2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
C011181383_skripsi_25-11-2021 cover1.jpg

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
C011181383_skripsi_25-11-2021 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
C011181383_skripsi_25-11-2021 dapus.pdf

Download (907kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
C011181383_skripsi_25-11-2021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Ketika kebutuhan tidur tidak dapat terpenuhi secara kuantitas maupun kualitas maka akan mengakibatkan adanya suatu masalah gangguan tidur. Gangguan tidur dapat menyebabkan kelelahan, penurunan sistem kekebalan tubuh dan konsentrasi dalam berpikir. Pada remaja, seringkali gangguan tidur sulit ditegakkan karena mereka merasa bahwa gangguan tidur tersebut merupakan hal yang biasa dan mengganggapnya bukan suatu masalah yang serius.
Tujuan: Mengetahui adanya hubungan antara gangguan tidur dengan prestasi belajar murid kelas X-XII di SMA Katolik Rajawali Makassar.
Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik observasional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah comparation study dengan rancangan cross sectional dilakukan pada siswa kelas X-XII SMA Katolik Rajawali Makasar bulan Agustus – September 2021 dengan teknik stratified random sampling. Dengan mengisi kuesioner Sleep Disturbance Scale fo Children (SDSC). Data nilai dari beberapa mata pelajaran yang diambil dari nilai raport. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis bivariat menggunakan uji Fisher Exact Test.
Hasil: Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, hubungan gangguan tidur dengan prestasi belajar murid kelas X-XII di SMA Katolik Rajawali berdasarkan kelompok jurusan IPA & IPS dengan 100 responden yang diambil secara stratified random sampling menunjukan adanya kejadian gangguan tidur sebanyak 95 (95%) siswa dan berdasarkan kelompok kelas dengan 90 responden yang diambil secara stratified random sampling menunjukan adanya kejadian gangguan tidur sebanyak 82 (91,1%) siswa selama 6 bulan terakhir. Uji statistik menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan (p > 0,05) antara gangguan tidur dengan hasil prestasi belajar siswa, namun ternyata mayoritas siswa berdasarkan penelitian mengalami gangguan tidur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 13 Dec 2021 06:49
Last Modified: 13 Dec 2021 06:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11675

Actions (login required)

View Item
View Item