Arsyad, Sukiana (2021) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA GABUNGAN AUDIO DAN SENSOR GERAK DENGAN PENINGKATAN PEMAHAMAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA TUNANETRA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
J011181030_skripsi_19-10-2021 cover1.png
Download (178kB) | Preview
J011181030_skripsi_19-10-2021 1-2.pdf
Download (686kB)
J011181030_skripsi_19-10-2021 dp.pdf
Download (387kB)
J011181030_skripsi_19-10-2021.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Latara Belakang: Tunanetra adalah istilah umum yang digunakan untuk kondisi seseorang yang mengalami gangguan atau hambatan dalam indera pengelihatannya. Kesehatan rongga mulut pada anak tunanetra lebih rendah dibandingkan anak normal yang karena kurangnya edukasi yang memperngaruhi kemampuan mereka untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tujuan: Tulisan ini bertujuan untuk menelaah artikel penelitian mengenai penggunaan audio dan sensor gerak sebagai media edukasi kesehatan gigi bagi penyandang tunanetra. Metode: Kajian literature, yang prosesnya terdiri dari mengidentifikasi masalah, mengumpulkan informasi dari beberapa sumber yang berkaitan dengan topik studi, melakukan tinjauan literature dengan metode sintesis informasi dari literature atau jurnal yang dijadikan sebagai acuan. Tinjauan Pustaka: Media audio adalah media yang penggunaanya menekankan pada aspek pendengaran yang digunakan dengan hanya mendengar saja yang dapat membantu tunanetra belajarr dengan baik. Sensor gerak adalah sensor yang dapat mendeteksi gerakan kemudian memberikan keluaran berupa suara yang dapat membantu aktivitas tunanetra. Hasil: Terdapat hubungan antara penggunan gabungan media audio dan sensor gerak dengan peningkatan pemahaman kesehatan gigi dan mulut pada tuanetra.
Kata Kunci: Oral health education using audio for visually impaired, Motion sensor for visually impaired
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 06:42 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 06:42 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11670 |