HASAN, HASAN (2014) HUBUNGAN WAITING TIMES/WAKTU TUNGGU DENGAN KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK MATA PADA INSTALASI RAWAT JALAN DI RSUD TARAKAN PROPINSI KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2013. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
hasanc1211-3380-1-14-hasan-5 cover1.jpg
Download (252kB) | Preview
hasanc1211-3380-1-14-hasan-5 1-2.pdf
Download (1MB)
hasanc1211-3380-1-14-hasan-5 dapus.pdf
Download (2MB)
hasanc1211-3380-1-14-hasan-5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
Hasan. C12112605. HUBUNGAN WAITING TIMES/WAKTU TUNGGU DENGAN
KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK MATA PADA INSTALASI RAWAT JALAN DI
RSUD TARAKAN PROPINSI KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2013, dibimbing oleh Werna
Nonjti dan Inchi Kurniati Kusri.
Latar belakang: Menunggu dalam waktu yang lama menyebabkan ketidakpuasan terhadap pasien
dengan mengetahui karekteristik responden yang meliputi tingkat usia, pekerjaan, tingkat
pendidikan, dan pengguna asuransi yang memanfaatkan pelayanan kesehatan di Poliklinik Mata di
RSUD Tarakan.Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan Waiting Times/ waktu tunggu
dengan kepuasan pasien di Poliklinik Mata pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Tarakan.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan studi
Cross- sectional (studi potong lintang). Instrumen penelitian berupa kuesioner, jumlah responden
51 orang. Uji statistik yang digunakan adalah uji Spearman.
Hasil: Pada penelitian ini diperoleh hasil yang menunjukkan distribusi responden terbanyak
berusia antara 31-40 tahun (35,3%), pendidikan terbanyak SMA (43,1%), pekerjaan terbanyak
PNS (39,2%), pengguna asuransi kesehatan terbanyak Askes (47,1%) waktu tunggu ≤ 45 menit 26
orang (51%) dan > 45 menit 25 orang (49%). Uji bivariat menggunakan uji korelasi (spearman)
didapatkan arah korelasi yang positif antara lama Waiting times/waktu tunggu dengan kepuasan
pasien di mana nilai Spearman rho’ yang didapatkan ( r = 0,145) dan nilai signifikannya (p =
0,309).
Kesimpulan dan saran: Hipotesis yang diajukan tidak diterima (tidak terdapat hubungan antara
waktu tunggu dengan tingkat kepuasan pasien). Oleh karena itu pihak Rumah sakit sebaiknya
menyediakan fasilitas yang nyaman dan memadai diruang tunggu pasien untuk menghindari pasien
merasa jenuh, dan membuat SOP mulai dari pendaftaran di loket sampai mendapatkan pelayanan
di Poliklinik yang dituju. Kepada tenaga medis (dokter dan perawat) memiliki komitmen dan
kedisiplinan waktu dalam memberikan pelayanan yang sesuai dengan jadwal yang telah
ditetapkan. Jika ada peneliti lain yang ingin melakukan penelitian yang sama disarankan
mengambil jumlah responden yang lebih banyak, kunjungan pasien baru serta berulang, dan
seluruh pengguna layanan di Poliklinik Mata.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | - Nurhasnah |
Date Deposited: | 01 Dec 2021 06:04 |
Last Modified: | 01 Dec 2021 06:04 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11620 |