PEMODELAN REGRESI MULTILEVEL MENGGUNAKAN METODE RESTRICTED MAXIMUM LIKELIHOOD


AULIA M, SITTI CHAERUNNISA (2021) PEMODELAN REGRESI MULTILEVEL MENGGUNAKAN METODE RESTRICTED MAXIMUM LIKELIHOOD. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H12116504_skripsi_05-11-2021 Cover1.jpg

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H12116504_skripsi_05-11-2021 Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H12116504_skripsi_05-11-2021 Dapus-lamp.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H12116504_skripsi_05-11-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Dalam penelitian bidang pendidikan, pembentukan dan perkembangan perilaku individu dalam memperoleh pendidikan dipengaruhi oleh lingkungannya. Secara umum lingkungan dan individu memiliki stuktur berjenjang (hierarki). Untuk menganalisis struktur data hierarki dapat dilakukan dengan pemodelan regresi multilevel. Pada penelitian ini digunakan Ujian Nasional (UN) sebagai sistem evaluasi standar pendidikan di Indonesia. Peubah yang digunakan pada level individu adalah jumlah peserta UN, jumlah peserta didik dan jumlah guru tiap-tiap sekolah sedangkan pada level lingkungan adalah Angka Partitispasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Pembentukan model regresi multilevel pada penelitian ini untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai UN SMP dengan memperhitungkan adanya varians antar sekolah dan kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan. Metode estimasi parameter yang digunakan pada pemodelan ini adalah Restricted Maximum Likelihood (REML).
Kata Kunci : Ujian Nasional, hierarki, regresi multilevel, Restricted Maximum Likelihood

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Nov 2021 06:53
Last Modified: 26 Nov 2021 06:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11503

Actions (login required)

View Item
View Item