AULIA M, SITTI CHAERUNNISA (2021) PEMODELAN REGRESI MULTILEVEL MENGGUNAKAN METODE RESTRICTED MAXIMUM LIKELIHOOD. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
H12116504_skripsi_05-11-2021 Cover1.jpg
Download (249kB) | Preview
H12116504_skripsi_05-11-2021 Bab 1-2.pdf
Download (1MB)
H12116504_skripsi_05-11-2021 Dapus-lamp.pdf
Download (283kB)
H12116504_skripsi_05-11-2021.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Dalam penelitian bidang pendidikan, pembentukan dan perkembangan perilaku individu dalam memperoleh pendidikan dipengaruhi oleh lingkungannya. Secara umum lingkungan dan individu memiliki stuktur berjenjang (hierarki). Untuk menganalisis struktur data hierarki dapat dilakukan dengan pemodelan regresi multilevel. Pada penelitian ini digunakan Ujian Nasional (UN) sebagai sistem evaluasi standar pendidikan di Indonesia. Peubah yang digunakan pada level individu adalah jumlah peserta UN, jumlah peserta didik dan jumlah guru tiap-tiap sekolah sedangkan pada level lingkungan adalah Angka Partitispasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Pembentukan model regresi multilevel pada penelitian ini untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai UN SMP dengan memperhitungkan adanya varians antar sekolah dan kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan. Metode estimasi parameter yang digunakan pada pemodelan ini adalah Restricted Maximum Likelihood (REML).
Kata Kunci : Ujian Nasional, hierarki, regresi multilevel, Restricted Maximum Likelihood
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 26 Nov 2021 06:53 |
Last Modified: | 26 Nov 2021 06:53 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11503 |