KADAR CARTILAGE OLIGOMERIC MATRIX PROTEIN (COMP) DAN URINARY C-TERMINAL TELOPEPTIDES OF TYPE II COLLAGEN (uCTX-II) SETELAH INTERVENSI PROLOTERAPI DAN OUTCOME FUNGSIONAL PADA PARTISIPAN DENGAN OSTEOARTRITIS GENU


Waluyo, Yose (2021) KADAR CARTILAGE OLIGOMERIC MATRIX PROTEIN (COMP) DAN URINARY C-TERMINAL TELOPEPTIDES OF TYPE II COLLAGEN (uCTX-II) SETELAH INTERVENSI PROLOTERAPI DAN OUTCOME FUNGSIONAL PADA PARTISIPAN DENGAN OSTEOARTRITIS GENU. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
C013181042_disertasi_05-11-2021 cover1.png

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
C013181042_disertasi_05-11-2021 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
C013181042_disertasi_05-11-2021 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
C013181042_disertasi_05-11-2021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Pendahuluan: Hyaluronan dan kortikosteroid masih menjadi terapi intra- artikular utama yang digunakan dalam menangani osteoartritis (OA) genu. Penggunaan kortikosteroid masih menjadi perdebatan karena banyak efek samping yang dapat terjadi. Sedangkan untuk injeksi hyaluronan memiliki biaya yang relatif lebih tinggi. Proloterapi merupakan regenerative tissue therapy yang dinilai memiliki efektivitas dalam menurunkan gejala dan morbiditas, memiliki efek samping yang minimal, serta efisien dalam waktu dan biaya. Beberapa penelitian telah membuktikan efek proloterapi dalam menurunkan nyeri dan meningkatkan outcome fungsional, akan tetapi belum ada yang meneliti efek proloterapi terhadap perbaikan kartilago berdasarkan biomarker spesifik OA genu seperti cartilage oligomeric matriks protein (COMP) dan urinary C-terminal telopeptides of type II collagen (uCTX-II).
Tujuan: Untuk mengetahui efek pemberian proloterapi terhadap kadar COMP dan uCTX-II serta outcome fungsional pada partisipan OA genu.
Metode: Penelitian single-blinded randomized controlled trial ini melibatkan penderita OA genu yang ditegakkan berdasarkan kriteria American College of Rheumatology (ACR) 2012. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2019 sampai dengan bulan Februari 2020 di klinik Cerebellum, Makassar. Partisipan penelitian dibagi secara acak menjadi dua kelompok. Kelompok proloterapi dekstrosa sebagai kelompok studi diberi injeksi dekstrosa pada hari ke-1, ke-29 dan ke-57, sedangkan kelompok asam hyaluronan sebagai kelompok kontrol diberi injeksi pada hari ke-1, ke-8, ke- 15, ke-22, dan ke-29. Pengukuran kadar COMP, uCTX-II, dan skor Western Ontario and McMaster Universities Osteoarthritis Index (WOMAC) dilakukan saat baseline dan 3 minggu setelah injeksi terakhir. Analisis perbandingan dilakukan menggunakan analisis kovarians (ANCOVA) dan pengolahan data untuk menilai korelasi menggunakan analisis Spearman dan Pearson.
Hasil: Total partisipan penelitian ini adalah 47 partisipan (26 pada kelompok studi, 21 pada kelompok kontrol). Kedua kelompok tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan terhadap kadar serum COMP (sCOMP) sebelum dan setelah intervensi. Hanya kelompok proloterapi dekstrosa yang menunjukkan penurunan signifikan pada kadar uCTX-II (0.25 ± 0.52; p
=.032; CI 95% 0.04 – 0.46). Kedua kelompok menunjukkan hasil yang baik pada outcome fungsional. Proloterapi dekstrosa menunjukkan perbaikan skala nyeri yang lebih unggul dibandingkan dengan asam hyaluronan (Δ skor: 0.93; p = 0.042). Tidak ada korelasi antara perbaikan status fungsional partisipan dengan penurunan kadar biomarker uCTX-II dan sCOMP. Kesimpulan: Proloterapi dekstrosa mampu memperbaiki kartilago berdasarkan penilaian biomarker, khususnya uCTX-II. Proloterapi desktrosa memiliki efektivitas yang sama dengan asam hyaluronan dalam memperbaiki outcome fungsional, namun proloterapi dekstrosa terbukti lebih baik dalam menangani nyeri.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:07
Last Modified: 26 Nov 2021 07:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11415

Actions (login required)

View Item
View Item