PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT UNGGUL WIDYA TEKNOLOGI LESTARI DI KABUPATEN PASANGKAYU


MAULIDA, NUR FADHILAH (2021) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT UNGGUL WIDYA TEKNOLOGI LESTARI DI KABUPATEN PASANGKAYU. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051171501_skripsi_05-11-2021 Cover1.jpg

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051171501_skripsi_05-11-2021 Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051171501_skripsi_05-11-2021 Dapus-lamp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051171501_skripsi_05-11-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Nur Fadhilah Maulida, Program Studi Iilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Menyusun Skripsi dengan Judul : Partisipasi Masyarakat dalam Program Corporate Social Responsibility PT Unggul Widya Teknologi Lestari di Kabupaten Pasangkayu (Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Djuanda Nawawi, M.Si dan Rahmatullah, S.IP, M.Si)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk partisipasi Masyarakat dalam proses penyusunan dan pelaksanaan program Corporate Social Responsibility PT Unggul Widya Teknologi Lestari serta faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi Masyarakat.
Jenis penelitian yang digunakan adala tipe penelitian kualitatif deskriptif, berupaya mengeksplorasi dan klarifikasi mengenai fenomena atau kenyataan sosial, dengan cara mendiskripsikan data dan fakta yang berkenaan dengan masalah dan fokus yang diteliti. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran terkait bentuk partisipasi Masyarakat dalam proses penyusunan dan pelaksanaan program Corporate Social Responsibility PT Unggul Widya Teknologi Lestari sebagai bagian dalam pembagunan berkelanjutan didaerah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi Masyarakat dalam proses penyusunan program Corporate Social Responsibility PT Unggul Widya Teknologi Lestari berupa pengajuan proposal permohonan bantuan dan komunikasi langsung antara Pemerintah Desa dan pihak Perusahaan. Sedangkan, partisipasi Masyarakat dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility sangat beragam sesuai bentuk program yang dilaksanakan. Misalnya, program pembangunan jembatan penghubung antar Desa yang membutuhkan banyak orang, Masyarakat berpartisipasi sebagai buruh harian. Sedangkan untuk program yang dikelolah oleh tenaga ahli langsung seperti perbaikan jalan dan normalisasi sungai, Masyarakat sebagai penerima program, tanpa terlibat dalam pengerjaannya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi Masyarakat dalam proses penyusunan dan pelaksanaan program yakni: pertama, faktor internal berupa pengetahuan Masyarakat, komunikasi dan keahlian. Kedua, faktor eksternal berupa sumber daya manusia (staff) dan bentuk program.
Kata kunci: Partisipasi Masyarakat, Corporate Social Responsibility

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:00
Last Modified: 26 Nov 2021 07:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11396

Actions (login required)

View Item
View Item