TINJAUAN SOSIOLOGIS PECANDU GAME ONLINE (STUDI KASUS DI LINGKUNGAN KASSI KEBO KELURAHAN BAJU BODOA KECAMATAN MAROS BARU KABUPATEN MAROS)= SOCIOLOGICAL REVIEW ON ADDICTED ONLINE GAMERS (CASE STUDY IN KASSI KEBO SUB VILLAGE, BAJU BODOA VILLAGE, DISTRICT OF MAROS BARU, MAROS REGENCY)


MASYITA, NUR (2021) TINJAUAN SOSIOLOGIS PECANDU GAME ONLINE (STUDI KASUS DI LINGKUNGAN KASSI KEBO KELURAHAN BAJU BODOA KECAMATAN MAROS BARU KABUPATEN MAROS)= SOCIOLOGICAL REVIEW ON ADDICTED ONLINE GAMERS (CASE STUDY IN KASSI KEBO SUB VILLAGE, BAJU BODOA VILLAGE, DISTRICT OF MAROS BARU, MAROS REGENCY). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E41116008_skripsi_05-11-2021 Cover1.jpg

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E41116008_skripsi_05-11-2021 Bab 1-2.pdf

Download (779kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E41116008_skripsi_05-11-2021 Dapus-lamp.pdf

Download (730kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E41116008_skripsi_05-11-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Nur Masyita, E411 16 008. Judul Skripsi “Tinjauan Sosiologis Pecandu Game online (Studi Kasus Di Lingkungan Kassi Kebo Kelurahan Baju Bodoa Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros)”. Dibimbing oleh Dwia Aries Tina Pulubuhu dan Nuvida Raf. Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan sosiologis dan proses seseorang mencandu game online, serta mengetahui pengaruh kelompok sepermainan (peer group) pada pecandu game online di Di Lingkungan Kassi Kebo Kelurahan Baju Bodoa Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros.
Pada dasarnya tipe penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. ditujukan untuk mendeskripsikan suatu keadaan atau fenomena-fenomena apa adanya. Dalam studi ini, peneliti tidak melakukan manipulasi atau memberikan perlakuan khusus terhadap objek penelitian, semua kegiatan atau peristiwa berjalan apa adanya. Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu penarikan informan dilakukan secara sengaja dengan kriteria tertentu yakni pemain game online, anak berusia 10 sampai 18 tahun, dan bermain game online dengan durasi waktu 4-5 jam sehari. Informan tersebut berjumlah 7 (tujuh) orang. Secara khusus mereka dianggap memahami betul dan dapat memberikan informasi yang benar berkaitan dengan masalah penelitian. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumen yang berkenaan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses seorang anak menjadi pecandu game online itu berawal dari rasa penasaran dan keingintahuan yang tinggi sehingga mereka memiliki keinginan yang awalnya untuk mencoba tapi karena mereka merasa bahwa bermain game menjadi sangat menarik sehingga membuat mereka terjebak dalam dunia game tersebut. Banyak dampak yang akan dirasakan ketika kita sudah kecanduan game online misalnya waktu untuk bersosialisasi sangat kurang, kesehatan menurun, performa akademik menurun, dan menghabiskan banyak biaya (uang). Peran seorang teman juga sangat berpengaruh terhadap seorang anak pecandu game online dimana mereka bermain game online karna ajakan seorang teman untuk bermain game bersama, mereka juga saling mempengaruhi dalam dunia game meningkatkan skin akan tetapi bukan hanya itu ada juga beberapa pengaruh positif seperti mereka bisa lebih dekat satu sama lain, saling mengerti keadaan, dan tingkat pertemanan (solidaritas) mereka menjadi sangat tinggi.
Kata Kunci: game online, kecanduan game online, kelompok sepermainan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Nov 2021 06:59
Last Modified: 26 Nov 2021 06:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11393

Actions (login required)

View Item
View Item