Ismail, Andi Batara Parenrengi (2021) PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN VIRUS BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.
D42116509_skripsi_05-11-2021 cover1.png
Download (110kB) | Preview
D42116509_skripsi_05-11-2021 1-2.pdf
Download (493kB)
D42116509_skripsi_05-11-2021 dp.pdf
Download (509kB)
D42116509_skripsi_05-11-2021.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan menghasilkan media pembelajaran dengan menggunakan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran bagi siswa sekolah menengah atas, sehingga dapat menyampaikan informasi dari objek-objek virus yang terdapat pada aplikasi. Metode yang digunakan adalah metode waterfall. Dalam mendukung penelitian ini menggunakan aplikasi Blender untuk pembuatan 3D model dan animasi, Unity yang didukung bahasa pemograman C# dan Vuforia SDK dalam implementasi augmented reality. Pengujian aplikasi dilakukan dengan metode Black box dan uji subjektif. Hasil pengujian deteksi marker menunjukkan bahwa halangan, jarak, dan sudut mempengaruhi pendeteksian marker. Adapun pengujian pre test dan post test yang dilakukan kepada dua kelompok siswa, menunjukkan bahwa kelompok siswa pengguna textbook mendapatkan poin yang lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa pengguna aplikasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 26 Nov 2021 06:08 |
Last Modified: | 26 Nov 2021 06:08 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11348 |