KEKUATAN BUZZER POLITIK INSTAGRAM PADA PEMILU 2019 DI KOTA MAKASSAR


HAD, ALIEF ACHDIAT ERMANSYAH (2021) KEKUATAN BUZZER POLITIK INSTAGRAM PADA PEMILU 2019 DI KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E11116308_skripsi_05-11-2021 Cover1.jpg

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E11116308_skripsi_05-11-2021 Bab 1-2.pdf

Download (790kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E11116308_skripsi_05-11-2021 Dapus-lamp.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E11116308_skripsi_05-11-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ALIEF ACHDIAT ERMANSYAH HAD. E111 16 308 dengan judul Skripsi “Kekuatan Buzzer Politik Instagram Pada Pemilu 2019 Di Kota Makassar”. Di bawah bimbingan Sukri sebagai Pembimbing I dan Sakinah Nadir sebagai Pembimbing II
Perkembangan sosial media mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga kemudian melahirkan media sosial. Instagram menjadi salah satu media sosial yang populer saat ini selain dijadikan sebagai media komunikasi, pada perkembangannya media sosial instagram juga dijadikan sebagai media promosi tak terkecuali pada bidang politik. Perkembangan tersebut dimanfaatkan oleh buzzer politik sebagai sarana penyebaran informasi dalam upaya pemenangan kandidat yang mereka dukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh buzzer politik dalam aktivitas kampanye politik dalam mempengaruhi masyarakat pada media sosial instagram.
Penelitian ini dilaksanakan di Kota Makassar. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif untuk memberikan gambaran mengenai kekuatan buzzer politik media sosial instagram. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yakni melalui proses wawancara mendalam (indepht interview) kepada beberapa informan dan sumber-sumber lain yang berhubungan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa penyebaran informasi melalui media sosial instagram melalui unggahan foto-foto yang dilakukan oleh buzzer politik akanmemberikan masyarakat prefrensi-preferensi yang dapat mempengaruhi pilihan masyarakat.
Kata Kunci: Buzzer politik, Kampanye politik, Instagram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Nov 2021 06:01
Last Modified: 26 Nov 2021 06:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11337

Actions (login required)

View Item
View Item