PERSEPSI DAN PENGALAMAN MAHASISWA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PROFESI KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH (KMB) PADA MASA PENDEMI COVID-19


AINIYAH, DEKA KHUSNUL (2021) PERSEPSI DAN PENGALAMAN MAHASISWA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PROFESI KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH (KMB) PADA MASA PENDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C12115509_skripsi_19-10-2021 Cover1.jpg

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C12115509_skripsi_19-10-2021 Bab 1-2.pdf

Download (593kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C12115509_skripsi_19-10-2021 Dapus-lamp.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C12115509_skripsi_19-10-2021.pdf

Download (954kB)

Abstract (Abstrak)

Deka Khusnul Ainiyah. C1211509. PERSEPSI DAN PENGALAMAN MAHASISWA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PROFESI KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH (KMB)
PADA MASA PENDEMI COVID-19. Dibimbing oleh Saldy Yusuf dan Abdul Majid
Latar Belakang: Corona virus adalah virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan dan manusia. Dampak dari corona virus pada sistem pendidikan menyebabkan mahasiswa tidak dapat melakukan proses pembelajaran tatap muka secara langsung akan tetapi pembelajaran secara daring. Hal tersebut akan mengurangi keterampilan dan kemampuan mahasiswa dalam melakukan praktik lapangan.
Tujuan: Untuk mengetahui persepsi dan pengalaman mahasiswa dalam pelasanaan pembelajaran daring Profesi Keperawatan Medikal Bedah (KMB) pada masa pandemi COVID-19.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui teknik wawancara dengan 8 partisipan. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa profesi Ners FKep UNHAS 2020 yang sedang atau setelah menjalani pembelajaran daring stase Keperawatan Medikal Bedah.
Hasil: Hasil penelitian tetang persepsi dan pengalaman mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring Profesi Keperawatan Medikal Bedah (KMB) pada masa pandemik COVID-19 dengan 8 partisipan diperoleh 3 tema. Adapun tema pertama yaitu kurangnya skill yang didapatkan, tema kedua yaitu masalah jaringan dan tema ketiga yaitu kuliah tidak sesuai jadwal.
Kesimpulan & Saran: Pada penelitian ini memperlihatkan beberapa persepsi dan pengalaman mahasiswa pada pembelajaran daring, adapun beberapa hal yang menjadi permasalahan dalam pengalaman mahasiswa pada saat mengikuti pembelajaran daring. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya metode pembelajaran menggunakan hybrid learning (Pembelajaran campuran), mahasiswa juga dapat meningkatkan motivasi belajar dan mengusahakan mencapai target skill dan selalu mengkonsultasikan hambatan dalam pembelajaran daring kepada dosen yang terkait.
Kata kunci : Persepsi, pengalaman mahasiswa, pelaksanaan pembelajaran daring, Profesi Keperawatan Medikal Bedah (KMB), pandemi, COVID- 19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Nov 2021 23:09
Last Modified: 29 Oct 2024 06:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11216

Actions (login required)

View Item
View Item