PENGARUH PEMBERIAN DIET TINGGI PROTEIN RENDAH KARBOHIDRAT RENDAH LEMAK JANGKA PANJANG TERHADAP KADAR ENZIM CKMB DAN TROPONIN-t PADA TIKUS WISTAR JANTAN (Rattus norvegicus)


Idrus, Asma Amaliyah (2021) PENGARUH PEMBERIAN DIET TINGGI PROTEIN RENDAH KARBOHIDRAT RENDAH LEMAK JANGKA PANJANG TERHADAP KADAR ENZIM CKMB DAN TROPONIN-t PADA TIKUS WISTAR JANTAN (Rattus norvegicus). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P062182014_tesis_19-10-2021 cover1.png

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
P062182014_tesis_19-10-2021 1-2.pdf

Download (870kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
P062182014_tesis_19-10-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P062182014_tesis_19-10-2021 dp.pdf

Download (836kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

ASMA AMALIYAH IDRUS. Pengaruh Pemberian Diet Tinggi Protein Rendah Karbohidrat Rendah Lemak Jangka Panjang Terhadap Kadar Enzim CK-MB dan Troponin-T pada Tikus Wistar Jantan (Rattus Norvegicus) ( Dibimbing oleh M.Aryadi Arsyad dan Aminuddin)

Pola hidup tidak sehat yang berakibat pada obesitas dan kerusakan jatung telah banyak ditemui , untuk itu perlu dilakukan pola hidup yang lebih sehat,pemberian perlakuan diet yang tepat seperti TPRLRK ini diharapkan mampu memberikan efek yang baik pada tubuh. Penelitian ini bertujuan menganalisis efek TPRLRK jangka Panjang selama 8 minggu terhadap kesehatan jantung dengan meninjau kadar enzim CK-MB dan Troponin-T.Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Biologi Universitas Negeri Makassar dan HUMRC RS. Universitas Hasanuddin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah post test control design, sampel berjumlah 20 ekor tikus Wistar jantan yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok diet standar dan kelompok diet TPRLRK. Pengukuran kadar CK-MB dan Troponin-T darah dan jaringan menggunakan metode ELISA. Hasil penelitian menunjukkan diet TPRLRK menginduksi penurunan berat badan tikus secara signifikan. Hasil pemeriksaan sampel darah diet standar dan TPRLRK terllihat nilai CKMB darah pada diet standar lebih tinggi dibandingkan dengan nilai CKMB darah pada TPRLRK. Pemeriksaan CKMB jaringan terlihat nilai CKMB perlakuan Diet standar lebih tinggi dibandingkan TPRLRK. Sedangkan Nilai pemeriksaan Troponin-Terlihat kadar Troponin darah diet standar lebih rendah dari Troponin-TPRLRK, sedangkan pemeriksaan Troponin jaringan diet standar lebih tinggi nilainya dibandingkan nilai TPRLRK . Sebagai kesimpulan, diet ini tidak memberikan peningkatan protein dan enzim penanda kerusakan pada jantung

Kata Kunci : Standar , TPRLRK , CKMB , Troponin-t

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Standar , TPRLRK , CKMB , Troponin-t
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 25 Nov 2021 03:56
Last Modified: 25 Nov 2021 03:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11168

Actions (login required)

View Item
View Item