ANALISIS PERMINTAAN JASA OBJEK WISATA PANTAI BIRA


ADAWIYAH, RAUDHATUL (2020) ANALISIS PERMINTAAN JASA OBJEK WISATA PANTAI BIRA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A11116009_skripsi_Hal_Judul.jpg

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A11116009_skripsi_1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A11116009_skripsi_Daftar Pustaka dan Lamp..pdf

Download (314kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A11116009_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga tiket wisata, harga tiket wisata lain, tarif fasilitas gazebo, pendapatan konsumen dan jarak rumah ke objek wisata secara langsung terhadap permintaan dan jasa Objek Wisata Pantai Bira di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari terjun langsung ke lokasi. Adapun data yang digunakan dari tahun 2017 sampai 2019 di Pantai Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga tiket wisata berpengaruh negatif dan signifikan terhadap permintaan dan jasa Objek Wisata Pantai Bira di Kabupaten Bulukumba secara langsung, keadaan demikian disebabkan karena selera wisatawan dalam memilih objek wisata tidak bisa diukur dengan mahal atau tidaknya harga tiket suatu objek wisata. Kemudian hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa harga tiket wisata lain berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan dan jasa Objek Wisata Pantai Bira di Kabupaten Bulukumba secara langsung, disebabkan karena wisatawan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda terhadap objek wisata yang dikunjunginya. Selanjutnya hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tarif fasilitas gazebo berpengaruh negatif dan signifikan terhadap permintaan dan jasa Objek Wisata Pantai Bira di Kabupaten Bulukumba secara langsung, keadaan demikian menunjukkan bahwa fasilitas erat kaitannya dengan pembentukan persepsi konsumen terhadap suatu perusahaan dan persepsi pelanggan ini yang akan membentuk keputusan konsumen. Lalu hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa pendapatan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan dan jasa Objek Wisata Pantai Bira di Kabupaten Bulukumba secara langsung, hal tersebut dikarenakan bahwa pendapatan seseorang dapat dijadikan sebagai tolak ukur banyak tidaknya permintaan jasa objek wisata. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa jarak rumah ke objek wisata berpengaruh negatif dan signifikan terhadap permintaan dan jasa Objek Wisata Pantai Bira di Kabupaten Bulukumba secara langsung.
Kata Kunci: Harga Tiket Wisata, Harga Tiket Wisata Lain, Tarif Fasilitas Gazebo, Pendapatan Konsumen dan Jarak Rumah ke Objek Wisata dan Permintaan dan Jasa Objek Wisata Pantai Bira di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Dec 2020 06:37
Last Modified: 11 Dec 2020 06:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item
View Item