AMRULLAH, AMRULLAH (2012) “STUDI KUALITATIF PENGALAMAN PASIEN DAN KELUARGANYA TENTANG PELAYANAN DI RUANG IGD RSUD KABUPATEN MAJENE PROVINSI SULAWESI BARAT”. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
amrullahc1-3121-1-sampul2 1-2.pdf
Download (193kB)
amrullahc1-3121-1-sampul2 cover1.jpg
Download (243kB) | Preview
amrullahc1-3121-1-sampul2 dapus.pdf
Download (10kB)
amrullahc1-3121-1-sampul2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (497kB)
Abstract (Abstrak)
Amrullah. C12110672. “STUDI KUALITATIF PENGALAMAN PASIEN
DAN KELUARGANYA TENTANG PELAYANAN DI RUANG IGD RSUD
KABUPATEN MAJENE PROPINSI SULAWESI BARAT” dibimbing oleh
Yuliana Syam dan Suni hariati (X+43 halaman+4 skema +9 lampiran)
Latar belakang: Rumah sakit merupakan salah satu sarana kesehatan yang
memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. IGD adalah salah satu
instalasi yang harus dimiliki setiap rumah sakit dan diharapkan mampu
memberikan pelayanan yang maksimal sesuai dengan kebutuhan. Pemberian
pelayanan akan sangat mempengaruhi pembentukan persepsi yang kemudian bisa
menciptakan pengalaman yang bisa saja dianggap baik atau buruk bukan hanya
oleh pasien tapi juga bagi keluarga yang mendampingi.
Tujuan: Untuk mengetahui pengalaman masyarakat khususnya bagi yang pernah
berkunjung tentang pelayanan yang diberikan diruang IGD RSUD Kabupaten
Majene Propinsi Sulawesi Barat
Metode: Studi kualitatif dengan pendekatan fenomenologi adalah suatu proses
penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki
suatu fenomena dan mengeksplorasi lebih mendalam data yang ditemukan
dilapangan dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data wawancara
terstruktur. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah Sembilan orang yang
menerima pelayanan medis di ruang IGD.
Hasil: Setelah data dianalisis,peneliti mendapatkan empat tema yaitu: (1) Respon
petugas ketika pasien tiba di IGD (2) Tindakan penanganan petugas terhadap
pasien (3) Pendapat pasien setelah menerima pelayanan dari petugas (4) Pendapat
keluarga yang mendampingi pasien
Kesimpulan dan saran: Berdasarkan hasil wawancara langsung,maka diperoleh
hasil bahwa respon penerimaan petugas cukup baik pada saat pasien datang
berkunjung,baik dalam komunikasi maupun tindakan yang diberikan. Untuk lebih
meningkatkan pengembangan mutu pelayanan sebaiknya diadakan program
pelatihan setiap tahunsesuai dengan kebutuhan perseorangan dan organisasi.
Kata kunci : Pengalaman pasien dan keluarga,respon petugas
Daftar pustaka : 29 (2001-2010)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Depositing User: | Kamaluddin |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 00:54 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 00:54 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10958 |