GAMBARAN TIPE KEPEMIMPINAN KEPALA PUSKESMAS TERHADAP PELAKSANAAN FUNGSI MANAJEMEN DI PUSKESMAS JONGAYA KOTA MAKASSAR


ALIFYADI, MUH. (2021) GAMBARAN TIPE KEPEMIMPINAN KEPALA PUSKESMAS TERHADAP PELAKSANAAN FUNGSI MANAJEMEN DI PUSKESMAS JONGAYA KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011171520_skripsi cover1.jpg

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011171520_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011171520_skripsi dapus-lamp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011171520_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Muh. Alifyadi. “Gambaran Tipe Kepemimpinan Kepala Puskesmas Terhadap Pelaksanaan Fungsi Manajemen Di Puskesmas Jongaya Kota Makassar”
Puskesmas Jongaya Kota Makassar. Puskesmas Jongaya terletak di Kecamatan Tamalate Kota Makassar yang dapat dicapai dengan kendaraan umum, tepatnya di Jalan Andi Tonro No.37. Pusat Kesehatan Masyarakat Jongaya yang dikenal dengan sebutan Puskesmas Jongaya adalah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat di wilayah Kelurahan Pa’baeng-baeng, Kelurahan Jongaya, dan Kelurahan Bongaya
Desain penelitian deskriptif. Besar sampel penelitian sebanyak 39 sampel. Penelitian berlangsung selama 2 bulan yaitu Bulan April – Mei 2021 di Puskesmas Jongaya Kota Makassar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat dan Kuesioner.
Hasil Menujukkan Tipe kepemimpinan kepala puskesmas dalam fungsi perencanaan di Puskesmas Jongaya adalah demokratis yaitu sebanyak 31 pegawai (79.5%), namun terdapat 8 pegawai (20.5%) yang menyatakan otoriter, Tipe kepemimpinan kepala puskesmas dalam fungsi Pengorganisasian di Puskesmas Jongaya adalah demokratis yaitu yaitu seluruh pegawai (100.0%) yang menyatakan tipe kepemimpinan demokratis, Tipe kepemimpinan kepala puskesmas dalam fungsi Pelaksanaan di Puskesmas Jongaya adalah demokratis yaitu sebanyak 36 pegawai (92.3%), namun terdapat 3 pegawai (7.7%) yang menyatakan otoriter, Tipe kepemimpinan kepala puskesmas dalam fungsi Pengawasan di Puskesmas Jongaya adalah demokratis yaitu sebanyak 37 pegawai (94.9%), namun terdapat 2 pegawai (5.1%) yang menyatakan otoriter.
Saran kepada Kepala Puskesmas Jongaya agar tetap mempertahankan pendekatan tipe kepemimpinan demokratis kepada para bawahannya karena tipe kepemimpinan tersebut banyak manfaat positifnya baik bagi pimpinan terhadap hubungannya dengan para bawahannya maupun terhadap perkembangan Puskesmas Jongaya kearah yang lebih baik.
Kata Kunci : Tipe Kepemimpinan, Fungsi Manajemen, Puskesmas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:31
Last Modified: 19 Nov 2021 02:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10928

Actions (login required)

View Item
View Item