PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR DINAS KESEHATAN KABUPATEN PINRANG


MUTHMAINNAH. H, MUTHMAINNAH. H (2021) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR DINAS KESEHATAN KABUPATEN PINRANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011171312_skripsi cover1.jpg

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011171312_skripsi bab 1-2.pdf

Download (922kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011171312_skripsi dapus-lamp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011171312_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

MUTHMAINNAH. H. “PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR DINAS KESEHATAN KABUPATEN PINRANG”
Teori Path-Goal menyatakan bahwa seorang pemimpin harus mampu mewujudkan empat gaya perilaku yang berbeda yaitu gaya kepemimpinan direktif, gaya kepemimpinan suportif, gaya kepemimpinan partisipatif dan gaya kepemimpinan beriorientasi pada prestasi. Pemimpin dapat mempengaruhi kinerja bawahan dalam beberapa cara seperti dengan menjelaskan peran bawahan sesuai dengan apa yang diharapkan darinya, menghubungkan penghargaan dengan kinerja bawahan yang memuaskan, dan meningkatkan ukuran dan nilai imbalan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara gaya kepemimpinan direktif, suportif, partisipatif dan orientasi prestasi terhadap kinerja pegawai di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini merupakan Explanatory Research, Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang pada tanggal 26 April-21 Mei 2021. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai tetap yaitu ASN di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang yang berjumlah 99 orang. Pengumpulan data menggunakan instrument angket/kuesioner yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan reabilitas. Pengolahan data menggunakan SPSS. Analisis data dalam penelitian ini yaitu univariat, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis yang meliputi uji-t, uji-F, dan koefisien determinasi. Penyajian data dalam bentuk tabel disertai narasi.
Hasil uji-t didapatkan bahwa variabel independen gaya kepemimpinan direktif, suportif, partisipatif, dan orientasi prestasi memiliki nilai thitung (2,758)(2,730)(2,486)(3,382) > ttabel (1,986). Hal ini juga dapat dilihat dari nilai signifikansi yang lebih kecil dari α (alpha) yang dipakai yaitu sebesar 0,05 sehingga (0,007)(0,008)(0,015)(0,001) < 0,05. Adanya angka yang signifikan mengindikasikan bahwa ada pengaruh gaya kepemimpinan direktif, suportif, partisipatif dan orientasi prestasi terhadap kinerja pegawai di kantor Dinas kesehatan Kabupaten Pinrang. Peneliti menyarankan hendaknya pemimpin di Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang dalam hal ini yaitu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang membuat kebijakan yang mempertahankan indikator-indikator kepemimpinan yang ada sekarang dan diharapkan di masa mendatang kinerja pegawai akan semakin meningkat.
Kata Kunci : Kinerja Pegawai; Direktif; Suportif; Partisipatif; Orientasi Prestasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:13
Last Modified: 19 Nov 2021 02:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10905

Actions (login required)

View Item
View Item