PENGARUH “EMO DEMO DAN PENGUATAN MULTILEVEL APPROACH” TERHADAP PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF BERBASIS DESA DI KABUPATEN BULUKUMBA


AMIN, ANDI NURZAKIAH (2020) PENGARUH “EMO DEMO DAN PENGUATAN MULTILEVEL APPROACH” TERHADAP PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF BERBASIS DESA DI KABUPATEN BULUKUMBA. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Sampul]
Preview
Image (Sampul)
20_P1000315003_Disertasi_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
20_P1000315003_Disertasi(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Rendahnya pemberian ASI eksklusif menjadi penyebab tingginya angka kesakitan dan kematian kepada bayi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh emo demo dan penguatan multilevel approach terhadap pemberian ASI eksklusif berbasis desa. Desain penelitian adalah concurrent mixed methods. Melibatkan 72 ibu hamil trisemester tiga yang terbagi menjadi kelompok intervensi dan kontrol, di dua desa di Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik Focus Group Discussion kepada 42 informan. Beberapa instrument digunakan untuk mengukur pengetahuan, niat, keyakinan, dan keterampilan menyusui oleh ibu. Selain itu diukur pula pengetahuan, dukungan, ayah dan nenek yang dilakukan bertahap. Perubahan nilai dalam kelompok diuji dengan Paired TTest, sedangkan antar kelompok diuji dengan Independent T-Test dan Chi-Squre untuk data katagorik. Hasil menunjukkan bahwa skor rata-rata pengetahuan, dukungan, niat, dan keterampilan menyusui, meningkat pada pengukuran akhir di kelompok intervensi dengan metode emodemo. Semua variabel ini juga menunjukkan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah intervensi pada kelompok interpersonal (pengetahuan dan dukungan pada ayah dan nenek). Kecuali untuk keyakinan menyusui, kedua kelompok menunjukkan penurunan skor di akhir pengukuran. Hasil eksplorasi kualitatif, ditemukan faktor penghambat, pendorong dan harapan dari setiap elemen multilevel serta menghasilkan penguatan implementasi ASI eksklusif berbasis desa berupa kebijakan. Pendekatan multilevel merupakan strategi komprehensif yang memberikan efek empat kali lipat dalam menguatkan implementasi ASI eksklusif berbasis desa. Perlunya perhatian khusus pemerintah, tenaga kesehatan, keluarga dan masyarakat dalam mempertahankan kolaborasi tertulis tentang jaminan pemberian ASI eksklusif di tingkat desa sebagai bentuk komitmen.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 11 Dec 2020 06:16
Last Modified: 11 Dec 2020 06:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1089

Actions (login required)

View Item
View Item