FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI USIA 6 BULAN KEATAS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PONRE KABUPATEN BONE


YANTI, SUCI (2021) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI USIA 6 BULAN KEATAS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PONRE KABUPATEN BONE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011171057_skripsi cover1.jpg

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011171057_skripsi bab 1-2.pdf

Download (659kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011171057_skripsi dapus-lamp.pdf

Download (789kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011171057_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

SUCI YANTI. “FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI USIA 6 BULAN KEATAS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PONRE KABUPATEN BONE ”
ASI Eksklusif ialah pemberian ASI tanpa pemberian makanan dan minuman yang lain kepada bayi dari pertama lahir hingga berusia 6 bulan, kecuali pemberian obat dan vitamin, namun tetap setelah pemberian ASI Eksklusif selama 6 bulan tetap dilanjutkan dengan memberikan ASI hingga berusia 2 tahun. Pemberian ASI Eksklusif dapat dipengaruhi dari beberapa faktor diantaranya yaitu faktor pekerjaan, pengetahuan, dan efikasi diri, faktor pra/post-natal, dukungan petugas kesehatan dan dukungan keluarga
Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor yang mempengaruhi mengetahui faktor yang mempengaruhi pemberian ASI Eksklusif pada bayi usia 6 bulan keatas di wilayah kerja Puskesmas Ponre. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dengan rancangan cross sectional study. Populasi sebanyak 105 ibu yang memiliki bayi usia 6-11 bulan dan memiliki anak lebih dari 1. Penarikan sampel diambil secara Simple Random Sampling. Pengujian hipotesis dengan uji Chi Square.
Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 77,1% ibu yang memberikan ASI eksklusif kepada bayinya dan 22,9% ibu yang tidak memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Terdapat pengaruh jarak kehamilan (p=0,000), pengetahuan ibu (p=0,000), efikasi diri ibu (p=0,000), dukungan petugas kesehatan (p=0,000) dan dukungan keluarga (p=0,000) terhadap pemberian ASI eksklusif oleh ibu kepada bayinya. Sedangkan status pekerjaan ibu (p=0,083) tidak ada pengaruh terhadap pemberian ASI eksklusif oleh ibu kepada bayinya. Kesimpulan dari penelitian bahwa ada pengaruh jarak kehamilan, pengetahuan ibu, efikasi diri ibu, dukungan petugas kesehatan dan dukungan keluarga terhadap pemberian ASI eksklusif oleh ibu kepada bayinya.
Penelitian ini menyarankan kepada petugas kesehatan dan keluarga untuk lebih memberikan pahaman mengenai manfaat dan pentingnya memberikan ASI eksklusif kepada bayi dan menyusui hingga 2 tahun, mendukung ibu untuk tetap menyusui bayinya dimulai dari pertama lahirnya sang bayi serta membantu untuk menyiapkan kebutuhan bayi.
Kata kunci : ASI eksklusif; pekerjaan; jarak kehamilan; pengetahuan; efikasi diri; dukungan petugas kesehatan; dukungan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Nov 2021 01:45
Last Modified: 19 Nov 2021 01:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10889

Actions (login required)

View Item
View Item