PENGARUH BEBAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KELELAHAN PADA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN LUWU TIMUR TAHUN 2021


AZIZAH, NURUL (2021) PENGARUH BEBAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KELELAHAN PADA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN LUWU TIMUR TAHUN 2021. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011171045_skripsi cover1.jpg

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011171045_skripsi bab 1-2.pdf

Download (913kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011171045_skripsi dapus-lamp.pdf

Download (644kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011171045_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

NURUL AZIZAH. “PENGARUH BEBAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KELELAHAN PADA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN LUWU TIMUR TAHUN 2021”.
Kelelahan kerja merupakan bagian dari permasalahan umum yang sering dijumpai pada tenaga kerja. Kelelahan dapat berhubungan dengan penurunan efisiensi kerja, keterampilan, kebosanan, serta peningkatan kecemasan. Kelelahan kerja ini dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah beban kerja. Seorang pekerja seperti anggota Satuan Polisi Pamong Praja, memiliki beban kerja yang besar, khususnya pada beban kerja mental. Interaksi langsung dengan masyarakat dan melakukan penjagaan dengan shift kerja menjadi beban mental tersendiri bagi anggota Satpol PP Kabupaten Luwu Timur. Beban kerja mental yang berlebihan dapat menyebabkan stres kerja. Stres yang dialami seseorang secara berkelanjutan serta dalam rentang waktu yang panjang dapat menimbulkan kelelahan kerja atau kelelahan fisik maupun emosi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung beban kerja mental terhadap kelelahan kerja melalui stres kerja pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Luwu Timur.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Desain penelitian menggunakan metode observasional analitik melalui pendekatan Cross Sectional dengan sampel sebanyak 140 responden yang didapatkan melalui teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Luwu Timur pada bulan Mei-Juni 2021. Uji yang digunakan adalah uji Analysys Path.
Hasil penelitian menunjukkan nilai p = 0.000, yang berarti bahwa ada pengaruh langsung beban kerja mental terhadap kelelahan kerja, serta ada pengaruh tidak langsung beban kerja mental terhadap kelelahan kerja melalui stress kerja dengan nilai z (2.687605), dimana nilai ini lebih besar dari nilai z-mutlak (1.96).
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu ada pengaruh langsung beban kerja mental terhadap kelelahan kerja dan ada pengaruh tidak langsung beban kerja mental terhadap kelelahan melalui stres kerja. Jumlah Pustaka 40+
Saran pada penelitian ini yaitu pemberian beban kerja dan waktu istirahat yang cukup perlu menjadi perhatian penting bagi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja agar para anggota tidak mengalami stres kerja yang juga dapat berpengaruh pada kelelahan kerja, serta untuk nggota Satpol PP agar dapat melaksanakan pekerjaan dengan pikiran yang positif agar pekerjaan dapat dilakukan dengan suasana yang positif dan tidak berdampak pada psikologis serta tidak menimbulkan stres kerja yang tinggi. Diharapkan juga adanya safety talk sebelum melakukan pekerjaan, serta adanya keterbukaan kepada atasan untuk menyampaikan jika ada masalah di tempat kerja. Pengambilan cuti juga dapat dilakukan jika gangguan kelelahan dirasa sudah sangat mengganggu.
Kata Kunci : Beban Kerja Mental, Satuan Polisi Pamong Praja, Kelelahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 Nov 2021 05:09
Last Modified: 17 Nov 2021 05:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10868

Actions (login required)

View Item
View Item