PERILAKU BIROKRASI PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus Pelayanan Kesehatan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Yowari Kabupaten Jayapura)


MANIAGASI, Y.GABRIEL (2013) PERILAKU BIROKRASI PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus Pelayanan Kesehatan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Yowari Kabupaten Jayapura). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
ygabrielma-2876-1-14-y.ga-6 1-2.pdf

Download (620kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
ygabrielma-2876-1-14-y.ga-6 cover1.jpg

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
ygabrielma-2876-1-14-y.ga-6 dapus.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
ygabrielma-2876-1-14-y.ga-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Y. GABRIEL MANIAGASI. PERILAKU BIROKRASI PELAYANAN PUBLIK
(studi kasus pelayanan kesehatan pada RSUD Yowari Kabupaten Jayapura)
dibimbing oleh Alwi dan Muh. Akmal Ibrahim.
Tujuan penelitian adalah menganalisis Perilaku Birokrasi Pelayanan
Publik pada RSUD Yowari Kabupaten Jayapura.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi
kasus. Unit analisis adalah organisasi dengan fokus kajian pada struktur
organisasi dan desain organisasi; budaya organisasi dan kebijakan sumber
daya manusia. Data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan dan studi
dokumen. Analisis data menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur organisasi dan desain
organisasi, budaya organisasi dan kebijakan sumberdaya manusia
merupakan aspek-aspek yang berperan terhadap pembentukan Perilaku
Birokrasi Pelayanan Publik pada RSUD Yowari Kabupaten Jayapura. Dimana
dengan struktur organisasi dan desain yang tepat memungkinkan adanya
kejelasan kewenangan, kejelasan tugas pekerjaan, pelaporan serta tanggung
jawab dan sistem imbalan kepada karyawan RSUD Yowari. Sedangkan
budaya organisasi memberikan petunjuk kepada seluruh karyawan RSUD
Yowari untuk “berbicara” dalam bahasa yang sama dan “bertindak” dalam
sikap yang sama, sedangkan Kebijakan Sumber Daya Manusia memberi
arah bagi pengelolaan potensi manusia sebagai pendukung utama dari
organisasi tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga
aspek yang sangat berperan dalam Pembentukan Perilaku Birokrasi
Pelayanan Publik dalam memberikan Pelayanan Kesehatan kepada
masyarakat pada RSUD Yowari Kabupaten Jayapura, yaitu Struktur
Organisasi dan Desain Organisasi; Budaya Organisasi dan Kebijakan
Sumber Daya Manusia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 15 Nov 2021 07:50
Last Modified: 15 Nov 2021 07:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10757

Actions (login required)

View Item
View Item