Identifikasi Karasteristik Karkas Burung Belibis Batu (Dendrocygna javanica) berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin di Kabupaten Sidenreng Rappang.


Nasriadi, Muhammad Fikri (2021) Identifikasi Karasteristik Karkas Burung Belibis Batu (Dendrocygna javanica) berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin di Kabupaten Sidenreng Rappang. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I11116530_skripsi cover1.jpg

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
I11116530_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
I11116530_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
I11116530_skripsi dapus-lamp.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Belibis merupakan salah satu hewan satwa liar yang hidup di rawa-rawa dan semak-semak pohon yang berpotensi sebagai sumber alternatif protein hewani. Produksi daging dari suatu hewan dapat dilihat dari karakteristik karkasnya.Namun sampai saat ini belum ada informasi mengenai karakteristik karkas dari burung Belibis serta seberapa besar potensi produksi daging yang bisa dihasilkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik karkas burung Belibis (Dendrocygna)berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Metode koleksi sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Burung Belibis dikoleksi dari Kabupaten Sidrap, dengan total sampel sebanyak 20 ekor (10 ekor jantan dan 10 ekor betina) dengan berat badan yang relatif seragam (jantan 500 gram dan betina 509 gram). Burung Belibis kemudian disembelih dan dilakukan pengkarkasan dengan memisahkan potongan karkas antara lain potongan dada, punggung, sayap (kanan dan kiri) serta paha (kanan dan kiri).Data potongan dan persentase karkas kemudian dianalisis dengan menggunakan uji T dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan untuk seluruh parameter (bobot potong, seluruh bobot karkas dan bagiannya, persentase karkas dan bagiannya) pada burung Belibis jantan dan betina, namun jika dilihat pada beberapa potongan nampak ada kecenderungan burung Belibis jantan yang lebih tinggi dibandingkan betina. Apabila dibandingkan dengan jenis unggas lain seperti itik yang memiliki hubungan kekerabatan dekat dengan burung Belibis, pada bagian persentase dada Belibis relatiflebih tinggi.Dapat disimpulkan bahwa potensi burung Belibis cukup besar sebagai unggas alternatif sumber protein hewani dan memiliki prospek untuk dikembangkan atau dibudidayakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Burung Belibis Batu, bobot potong, persentase karkas, unggas alternatif
Subjects: Q Science > QL Zoology
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 15 Nov 2021 07:45
Last Modified: 15 Nov 2021 07:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10745

Actions (login required)

View Item
View Item