Nasruddin, Najmawati (2021) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG KEBERFUNGSIAN KELUARGA DAN TINGKAT ACADEMIC BUOYANCY SISWA SMA DI KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
Q11115319_skripsi cover1.jpg
Download (235kB) | Preview
Q11115319_skripsi Bab 1-2.pdf
Download (1MB)
Q11115319_skripsi Dapus-lamp.pdf
Download (1MB)
Q11115319_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Najmawati Nasruddin, Q11115319, Hubungan antara Persepsi tentang Keberfungsian Keluarga dengan Tingkat Academic Buoyancy Siswa SMA di Kota Makassar, Skripsi, Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin Makassar, 2021.
x + 72 halaman + 28 halaman lampiran
Keluarga adalah tempat belajar pertama yang berperan penting dalam perkembangan individu, salah satunya memengaruhi academic buoyancy. Meskipun demikian, nampaknya suatu keluarga belum menjalankan berfungsi secara efektif, yang kemudian akan berdampak pada kemampuan anak mengatasi tantangan akademik sehari-hari sebagai siswa di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi tentang keberfungsian keluarga dengan tingkat academic buoyancy siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel penelitian melalui prosedur pengujian hipotesis. Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah sebanyak 182 siswa SMA Negeri dan Swasta di Kota Makassar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi persepsi tentang keberfungsian keluarga dengan academic buoyancy sebesar 0,509 dengan nilai signifikansi sebesar 0,00. Dengan demikian, terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi tentang keberfungsian keluarga dengan tingkat academic buoyancy siswa.
Kata Kunci : Keberfungsian keluarga, Academic Buoyancy, Persepsi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 00:57 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 00:57 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10621 |