PENGARUH PERSEPSI TENTANG KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA TERHADAP SIBLING RIVALRY PADA REMAJA AKHIR (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR)


Bachri, Sri Rejeki Lestari S. (2021) PENGARUH PERSEPSI TENTANG KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA TERHADAP SIBLING RIVALRY PADA REMAJA AKHIR (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
Q11114020_skripsi cover1.jpg

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
Q11114020_skripsi Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
Q11114020_skripsi Dapus-lamp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Q11114020_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Sri Rejeki Lestari S. Bachri, Q11114020, Pengaruh Persepsi tentang Komunikasi Interpersonal Orang Tua terhadap Sibling Rivalry pada Remaja Akhir (Studi pada Mahasiswa Universitas Hasanuddin Makassar), Skripsi, Fakultas Kedokteran, Program Studi Psikologi, Universitas Hasanuddin Makassar, 2021.
xvii + 82 halaman + 24 lampiran
Keluarga sebagai lingkungan pertama bagi individu mendapatkan nilai-nilai, berkembang serta menjalin suatu hubungan dengan individu lainnya. Adapun hubungan yang dijalin dalam suatu keluarga adalah antara orang tua dengan anak serta anak dengan saudara kandung. Setiap hubungan keluarga akan sering terjadi permasalahan salah satunya pada hubungan anak dengan saudara kandung yaitu, sibling rivalry. Namun, pada setiap permasalahan yang terjadi dikeluarga akan terselesaikan jika komunikasi interpersonal yang terjalin efektif antara orang tua dengan anak. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi tentang komunikasi interpersonal orang tua terhadap sibling rivalry pada remaja akhir (studi pada mahasiswa Universitas Hasanuddin Makassar). Pada penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Responden pada penelitian ini berjumlah 107 orang. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah Skala Komunikasi Interpersonal yang telah dimodifikasi oleh peneliti dan Skala Sibling Rivalry. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh persepsi tentang komunikasi interpersonal orang tua terhadap sibling rivalry pada remaja akhir dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 dan nilai R square sebesar 0.120 yang menunjukkan bahwa kontribusi variabel komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap sibling rivalry sebesar 12%. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa semakin tinggi persepsi tentang komunikasi interpersonal orang tua semakin rendah sibling rivalry yang terjadi pada remaja akhir.
Kata kunci: komunikasi interpersonal, sibling rivalry, orang tua, anak, remaja akhir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 09 Nov 2021 01:47
Last Modified: 09 Nov 2021 01:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10597

Actions (login required)

View Item
View Item