Analisis Kinerja PDAM Kabupaten Wajo Berdasarkan Persepsi Pelanggan


Darwis, Istiawati (2020) Analisis Kinerja PDAM Kabupaten Wajo Berdasarkan Persepsi Pelanggan. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D012181014_tesis 1cover1.png

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D012181014_tesis 1-2.pdf

Download (598kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D012181014_tesis dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
D012181014_tesis_02-11-2020(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

PDAM merupakan perusahaan yang melayani kebutuhan air bersih
Kabupaten Wajo. Dikarenakan masih banyak keluhan dari
pelanggan dianggap perlu menganalisis model kinerja sarana dan
prasarana PDAM Kabupaten Wajo dan menganalisa cara
meningkatkan kinerjanya. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah kuisioner dengan mendistribusikan kepada 155
pelanggan PDAM Kabupaten Wajo kemudian diolah menggunakan
aplikasi SPSS. Berdasarkan kondisi eksisting PDAM Kabupaten
Wajo dapat dikategorikan baik. Model kinerja pelayanan PDAM
Kabupaten Wajo berdasarkan persepsi pelanggan adalah Y =
−0.280 + 0.192X1 + 0.229X2 + 0.202X3 + 0.174X4 + 0.226X5
dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0.993. Variabel assurance
memiliki pengaruh paling besar yaitu 28.216% terhadap kinerja
pelayanan PDAM Kabupaten Wajo. Cara meningkatkan nilai kinerja
PDAM Kabupaten Wajo berdasarkan persepsi pelanggan dengan
meningkatkan suplay air baku untuk dialirkan ke palanggan dengan
melakukan pengembangan reservoir dan penggantian instalasi
distribusi yang rusak berat, penggantian water meter pelanggan
yang rusak, penggantian water meter induk tidak berfungsi dan
penggantian pipa distribusi, dilakukannya peneraan meteran secara
berkala dan peninjauan kembali tarif air sesuai Permendagri Nomor
71 Tahun 2016. Perlu diadakan diklat untuk semua pegawai untuk
meningkatkan kualitas SDM PDAM Kabupaten Wajo

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 11 Dec 2020 05:02
Last Modified: 06 Nov 2024 04:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1051

Actions (login required)

View Item
View Item