PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN KUALITAS SISTEM INFORMASI DAERAH TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH DENGAN KOMITMEN PIMPINAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI KABUPATEN TORAJA UTARA


Tabita, Yonatal P. (2021) PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN KUALITAS SISTEM INFORMASI DAERAH TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH DENGAN KOMITMEN PIMPINAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI KABUPATEN TORAJA UTARA. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
A042191009_tesis_19-10-2021 cover1.png

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
A042191009_tesis_19-10-2021 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
A042191009_tesis_19-10-2021 dp.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A042191009_tesis_19-10-2021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Kualitas Sistem Informasi Daerah terhadap Efektivitas Pengelolaan Barang Milik Daerah dengan Komitemn Pimpinan sebagai variabel Moderasi di Kabupaten Toraja Utara.
Yonantal P. Tabita
Prof. Dr. Arifuddin, SE., M.Si., Ak., CA
Dr. Wardhani Hakim, SE., M.Si
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer dan diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada Pejabat Penatausahaan Keuangan dan Pengurus Barang, serta Pembantu Pengurus Barang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan SPSS
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber daya manusia mempunyai pengaruh terhadap efektivitas pengelolaan barang milik daerah, demikian pula kualitas sistem informasi berpengaruh terhadap efektivitas pengelolaan barang milik daerah, dan kualitas sistem informasi berpengaruh terhadap Efektivitas pengelolaan barang milik daerah, sementara komitmen pimpinan memoderasi pengaruh kompetensi sumber daya manusia terhadap efektivitas pengelolaan barang milik daerah dimana hasilnya bahwa komitmen pimpinan tidak memoderasi, komitmen pimpinan memoderasi terhadap hubungan kualitas sistem informasi terhadap efektivitas pengelolaan barang milik daerah, sedangkan komitmen pimpinan berpengaruh terhadap Efektivitas pengelolaan barang milik daerah.
Hasil penelitian ini dapat memberikan implikasi terhadap pemerintah daerah baik kabupaten maupun kota agar mempertimbangkan faktor-faktor yang ada dalam penelitian ini yang dianggap dapat memberikan efek yang baik dalam pengelolaan barang milik daerah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Keuangan Daerah
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 15 Nov 2021 00:57
Last Modified: 15 Nov 2021 00:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10475

Actions (login required)

View Item
View Item