STUDI TENTANG FENOMENA PUTUS SEKOLAH DI KALANGAN GENERASI MUDA DI KABUPATEN POSO


T Rania, Aprilina (2011) STUDI TENTANG FENOMENA PUTUS SEKOLAH DI KALANGAN GENERASI MUDA DI KABUPATEN POSO. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
aprilinatr-2716-1-tesisku2 1-2.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
aprilinatr-2716-1-tesisku2 cover.jpg

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
aprilinatr-2716-1-tesisku2 dapus-lam.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
aprilinatr-2716-1-tesisku2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
APRILINA. Studi Tentang Fenomena Putus Sekolah Di Kalangan Generasi Muda di
Kabupaten Poso (dibimbing oleh Muhammad Tahir Kasnawi dan Mahmud Tang).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi
mengapa siswa-siswa berhenti pada satu jenjang pendidikan, khususnya SD dan SLTP
dan menemukan strategi dan pelaksanaan pendidikan yang sesuai dalam mengatasi
jumlah anak yang berhenti pada satu jenjang pendidikan.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Silanca, Kecamatan Lage, Kabupaten Poso,
yaitu anak yang tidak melanjutkan pendidikan pada usia 13-18 tahun yang masingmasing tamat pada tingkat SD tidak melanjut ke SLTP 4 orang dan tamat di SLTP tidak
melanjut ke SLTA 5 orang sehingga jumlah informan sebanyak 9 orang. Bentuk
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi kombinasi studi kasus
dan fenomenologi. Strategi studi kasus dipilih atas pertimbangan ontologism bahwa
karakteristik sistem sosial dan budaya suatu komunitas biasanya memiliki keunikan
tersendiri. Fakta dan fenomena yang ditemukan kemungkinan hanya akan berlaku
khusus di wilayah tertentu meskipun untuk aspek-aspek nilai dan norma pengetahuan
berlaku universal. Selanjutnya fenomenologi dimaksudkan untuk mengurai fenomena
secara analitis dan mencari makna yang melatarbelakangi tindakan. Pengumpulan Data
dilakukan melalui Observasi non Partisipan, wawancara mendalam, dan Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang tidak melanjutkan sekolah
adalah anak yang tamat dalam satu jenjang pendidikan, tetapi tidak melanjutkan pada
jenjang pendidikan berikutnya, khususnya SD dan SLTP yang ada di Desa Silanca
dengan interval waktu lima tahun terakhir (Tahun 2005-2009). Pada umumnya anak
tidak melanjutkan sekolah di pengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti keadaan
ekonomi, keadaan keluarga, Perilaku anak tidak melanjutkan sekolah, keadaan sosial
budaya dan dampak dari tidak melanjutkan sekolah, serta strategi dan pelaksanaan
pendidikan yang sesuai berdasarkan faktor yang memengaruhi anak tidak melanjutkan
pendidikan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 11 Nov 2021 01:50
Last Modified: 11 Nov 2021 01:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10360

Actions (login required)

View Item
View Item