STUDI PENGARUH AKTIVITAS BELANJA ONLINE TERHADAP PERILAKU PERJALANAN BELANJA


Darumba, Vinda Aprilia (2020) STUDI PENGARUH AKTIVITAS BELANJA ONLINE TERHADAP PERILAKU PERJALANAN BELANJA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D012172004_tesis_   cover1.png]
Preview
Image
D012172004_tesis_ cover1.png

Download (369kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D012172004_tesis_ 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftra Pustaka] Text (Daftra Pustaka)
D012172004_tesis_ dapus.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full  Text] Text (Full Text)
D012172004_tesis_02-11-2020(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan seseorang dalam memilih cara berbelanja baik secara konvensional maupun online yang meliputi karakteristik sosiodemografi-ekonomi konsumen dan atribut berbelanja serta menganalisis pengaruh hubungan aktivitas belanja online terhadap perilaku perjalanan belanja, dalam hal ini ada empat pengaruh yang ditimbulkan yaitu subtitusi, komplementer, modifikasi, dan netral. Penelitian ini dilakukan secara langsung dengan metode wawancara menggunakan kuesioner kepada konsumen (di Kota Makassar), selain itu disajikan pula scenario yang merupakan metode stated preferences sebagai alat untuk menganalisis preverensi konsumen dalam memilih metode belanja. Dalam mengolah data, ada dua model pendekatan yang dilakukan yaitu model regresi tunggal dan berganda serta conditional logit model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang paling besar pengaruhnya dalam menentukan keputusan berbelanja yaitu: harga dan jumlah barang. Selanjutnya faktor atribut belanja lainnya yang juga berpengaruh yaitu waktu dan biaya pengiriman. Selain itu diketahui bahwa konsumen atau pelaku belanja di Kota Makassar lebih banyak berbelanja secara konvensional dibandingkan dengan berbelanja secara online serta pengaruh hubungan antara aktivitas belanja online dengan perilaku perjalanan belanja yaitu netral atau tidak mempengaruhi aktivitas perjalanan belanja sebab pelaku belanja konvensional paling sering membeli produk bahan makanan sedangkan untuk belanja online paling sering membeli produk fashion dan makanan cepat saji sehingga tidak mengurangi frekuensi perjalanan belanja dari pelaku.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 11 Dec 2020 04:21
Last Modified: 11 Dec 2020 04:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1036

Actions (login required)

View Item
View Item