STUDI FAKTOR-FAKTOR BERPENGARUH TERHADAP FREKUENSI PERJALANAN BERBELANJA KE PASAR TRADISIONAL BERBASIS STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM)


RIDHANIAH RAHMAN, QARNILA (2013) STUDI FAKTOR-FAKTOR BERPENGARUH TERHADAP FREKUENSI PERJALANAN BERBELANJA KE PASAR TRADISIONAL BERBASIS STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
qarnilarid-2698-1-13-qarni-4 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
qarnilarid-2698-1-13-qarni-4 cover1.jpg

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
qarnilarid-2698-1-13-qarni-4 dapus.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
qarnilarid-2698-1-13-qarni-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

QARNILA RIDHANIAH RAHMAN. Studi Faktor-Faktor Berpengaruh
terhadap Frekuensi Perjalanan Berbelanja ke Pasar Tradisional Berbasis
Structural Equation Modeling (SEM) (dibimbing oleh Sakti Adji Adisasmita
dan Isran Ramli)
Perjalanan berbelanja ke pasar tradisional diberbagai kota
berkembang di Asia, termasuk kota Makassar, merupakan salah satu
kontributor dalam permasalahan transportasi perkotaan. Untuk itu,
bertujuan untuk mengidentifikasi dan menentukan faktor-faktor
berpengaruh terhadap frekuensi perjalanan berbelanja ke pasar
tradisional. Faktor-faktor yang diidentifikasi meliputi aspek kondisi sosial
ekonomi, karakteristik perjalanan, karakteristik berbelanja, kualitas
pelayanan, karakteristik transportasi dan dampak lingkungan.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara sistematis
berbasis kusioner terhadap pengunjung pasar tradisional secara acak,
dimana kusioner didesain sesuai dengan skala Likert. Analisis data untuk
menentukan faktor-faktor berpengaruh dilakukan dengan pendekatan
Structural Equation Modeling (SEM), dimana perangkat lunak analisis
untuk mengkalibrasi parameter model menggunakan program AMOS 21.
Hasil analisis uji normalitas bahwa kategori mobil dan memilki
SIM menunjukkan jumlah variabel yang lebih banyak berdistribusi normal.
Untuk uji measurement kategori wanita dan sepeda motor memiliki angka
GFI dan AGFI yang lebih mendekati 1 dimana hal ini menunjukkan bahwa
dukungan terhadap hasil uji yakni menerima model, walaupun secara
keseluruhan kategori menunjukkan model sudah fit. Hubungan antara
faktor-faktor yang berpengaruh, kategori motor dan memiliki SIM
menunjukkan jumlah variabel yang lebih banyak berpengaruh yaitu
terdapat 22 variabel dimana variabel tersebut memiliki hubungan yang
signifikan. Hubungan antara variabel eksogen dan endogen menunjukkan
bahwa semua kategori memilki hubungan terhadap frekuensi baik sosial
ekonomi, karakteristik perjalanan, karakteristik berbelanja, kualitas
pelayanan, karakteristik transportasi maupun dampak lingkungan.
Kata Kunci : Frekuensi Perjalanan, Model SEM, Perjalanan Berbelanja

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 11 Nov 2021 01:42
Last Modified: 11 Nov 2021 01:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10357

Actions (login required)

View Item
View Item