DINAMIKA PARTISIPASI PADA KELOMPOK TANI HUTAN BUKIT INDAH DAN KELOMPOK TANI HUTAN MATTIROBULU DALAM PENGELOLAAN HKM BANGKENG BUKIT DI KECAMATAN GANTARANG, KABUPATEN BULUKUMBA


ANISA, A. (2021) DINAMIKA PARTISIPASI PADA KELOMPOK TANI HUTAN BUKIT INDAH DAN KELOMPOK TANI HUTAN MATTIROBULU DALAM PENGELOLAAN HKM BANGKENG BUKIT DI KECAMATAN GANTARANG, KABUPATEN BULUKUMBA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M011171055_skripsi cover1.jpg

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M011171055_skripsi Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M011171055_skripsi Dapus-lamp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M011171055_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

A. Anisa (M011171055). Dinamika Partisipasi pada Kelompok Tani Hutan Bukit Indah dan Kelompok Tani Hutan Mattirobulu dalam Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan Bangkeng Bukit di Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba di Bawah Bimbingan Muhammad Dassir dan Adrayanti Sabar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika partisipasi Kelompok Tani Hutan (KTH) dalam pengelolaan Hutan Kemasyarakatan (HKm) Bangkeng Bukit. Penelitian ini telah dilaksanakan sejak bulan November 2020 - Januari 2021. Tempat pelaksanaan penelitian di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan partisipasif, untuk mendapatkan data dan informasi dari anggota Kelompok Tani Hutan. Pendekatan ini dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan kuisioner dan penelusuran dokumen atau literature dengan menggunakan teknik purposive sampling. Partisipasi masyarakat dianalisis dengan menggunakan analisis deksriptif kualitatif yang kemudian dikelompokkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Partisipasi kedua KTH menghasilkan tingkatan yang berbeda. Partisipasi masyarakat Bukit Indah cenderung tinggi pada tahap perencanaan dan pelaksanaan, tetapi cenderung rendah pada tahap monitoring dan evaluasi. Sedangkan partisipasi masyarakat KTH Mattirobulu cenderung tinggi pada tahap pelaksanaan, sementara pada tahap perencanaan tergolong sedang, serta pada tahap monitoring dan evaluasi tergolong rendah.
Kata Kunci : Partisipasi, Kelompok Tani Hutan (KTH), HKm

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Nov 2021 07:45
Last Modified: 10 Nov 2021 07:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10280

Actions (login required)

View Item
View Item