PEMODELAN TES PSIKOLOGI ANAK BERBASIS GAME LEARNING


PURWITASARI IHSAN, INDAH (2013) PEMODELAN TES PSIKOLOGI ANAK BERBASIS GAME LEARNING. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
indahpurwi-2518-1-13-indah-) cover1.jpg

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
indahpurwi-2518-1-13-indah-) 1-2.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
indahpurwi-2518-1-13-indah-) dapus.pdf

Download (856kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
indahpurwi-2518-1-13-indah-).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
INDAH PURWITASARI IHSAN (Game Learning Sebagai Alternatif
Pemodelan Tes Psikologi Untuk Anak)
(Pembibimng I: Dr. Ir. Zahir Zainuddin, M.Sc, Pembimbing II : Amil Ahmad
Ilham, ST, MIT., Ph.D)
Tingkat kecerdasan sosial pada anak dapat diukur
menggunakan alat ukur dalam tes psikologi. Tes psikologi yang dilakukan
saat ini masih dengan cara manual, yaitu menggunakan paper test.
Kelemahan tes ini bagi anak – anak adalah kurang menarik dan
cenderung memberikan rasa bosan. Selain itu tidaklah mudah untuk
memeriksakan anak ke psikolog.
Penelitian ini memodelkan paper test pada tes psikologi
kedalam game learning. Game learning tersebut membuat anak belajar
sambil bermain, dan tanpa disadari pada saat bersamaan juga sedang
menjalani tes psikologi. Game yang dibuat merupakan game yang
memuat pembelajaran bersosialisasi bagi anak. Output yang dicapai
berupa tingkat kecerdasan sosial anak yang dihitung berdasarkan hasil
total skor yang diperoleh sepanjang permainan. Game ini dibangun
menggunakan adobe flash cs 6 dan action script 2.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa paper test dapat
dimodelkan kedalam game learning karena hasil tes menggunakan game
learning 87% sesuai dengan hasil tes menggunakan paper test.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 10 Nov 2021 06:17
Last Modified: 10 Nov 2021 06:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10138

Actions (login required)

View Item
View Item