HUBUNGAN PELAKSANAAN PERAN PERAWAT KEPERAWATAN KESEHATAN MASYARAKAT DENGAN MUTU PELAYANAN DI PUSKESMAS KABUPATEN TAKALAR TAHUN 2013


SUDDIN, ASMAWATI (2013) HUBUNGAN PELAKSANAAN PERAN PERAWAT KEPERAWATAN KESEHATAN MASYARAKAT DENGAN MUTU PELAYANAN DI PUSKESMAS KABUPATEN TAKALAR TAHUN 2013. Thesis thesis, Universitas Hassanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
asmawatisu-2564-1-13-asmaw-3 cover1.jpg

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
asmawatisu-2564-1-13-asmaw-3 1-2.pdf

Download (959kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
asmawatisu-2564-1-13-asmaw-3 dapus.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
asmawatisu-2564-1-13-asmaw-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
ASMAWATI SUDDIN. Hubungan Pelaksanaan Peran Perawat Perkesmas
Dengan Mutu Pelayanan di Puskesmas Kabupaten Takalar (dibimbing oleh
Werna Nontji dan Suryani As’ad).
Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan pelaksanaan peran
perawat perkesmas sebagai pemberi pelayanan kesehatan, penemu kasus,
pendidik/penyuluh, koordinator kolaborator, pelaksana konseling keperawatan
dengan Mutu pelayanan di Puskesmas kabupaten Takalar.
Metode penelitian menggunakan pendekatan analitik dengan rancangan
potong lintang (cross sectional). Penelitian dilaksanakan diseluruh puskesmas di
Kabupaten Takalar. Sampel penelitian adalah perawat penanggung jawab
program pokok Puskesmas sebanyak 55 orang yang diambil secara purposif.
Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi dan dianalisis
menggunakan uji chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan 65,5% perawat baik kinerjanya dalam
pemberian pelayanan, 65,5% perawat baik kinerjanya dalam penemuan kasus,
76,4% perawat baik kinerjanya dalam pendidik/penyuluh kesehatan, 74,5%
perawat baik kinerjanya dalam koordinator kolaborator, 78,2% perawat baik
kinerjanya dalam pelaksanaan konseling keperawatan. Sebanyak 72,7%
puskesmas mutu pelayanan kurang dalam penanganan komplikasi neonatal,
69,1% puskesmas mutu pelayanan baik dalam mencapai desa/kelurahan UCI,
100% puskesmas mutu pelayanan baik dalam perawatan balita gizi buruk, 80%
puskesmas mutu pelayanan baik dalam penemuan penderita baru BTA (+).
Terdapat hubungan signifikan pemberi pelayanan dengan mutu pelayanan
(ρ=0,005) dan penemu kasus dengan mutu pelayanan (ρ=0,026).Tidak terdapat
hubungansignifikan pendidik/penyuluh dengan mutu pelayanan (ρ=0,511) dan
koordinator kolaborator dengan mutu pelayanan (ρ=1,000) serta konseling
keperawatan dengan mutu pelayanan (ρ=1,000). Juga tidak terdapat hubungan
peran perawat Puskesmas dengan mutu pelayanan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 02 Nov 2021 05:57
Last Modified: 02 Nov 2021 05:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10048

Actions (login required)

View Item
View Item