TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP DESTINASI WISATA BAHARI TITIK NOL TANJUNG BIRA DI KABUPATEN BULUKUMBA


SALENG, MEGA AULIA ALI (2021) TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP DESTINASI WISATA BAHARI TITIK NOL TANJUNG BIRA DI KABUPATEN BULUKUMBA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L24116504_skripsi cover1.jpg

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L24116504_skripsi Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L24116504_skripsi Dapus-lamp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L24116504_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

MEGA AULIA ALI SALENG L24116504. “ Tingkat kepuasan Pengunjung Terhadap Destinasi Wisata Bahari Titik Nol Tanjung Bira Di Kabupaten Bulukumba” dibimbing oleh Dr.Abd. Wahid . S,Pi. M,Si sebagai Pembimbing utama dan Dr.Amiluddin, S.Pi, M.Si Sebagai Pembimbing Anggota.
Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan di dukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah, dan pemerintah daerah. Kepariwisataan juga dapat memberikan dorongan dan sumbangan terhadap pelaksanaan pembangunan proyek-proyek sebagai sektor dari negara-negara yang telah berkembang atau maju ekonominya. Salah satu lokasi pariwisata yang sangat berpotensi untuk dikembangkan yaitu Titik Nol Tanjung Bira di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemerintah terhadap destinasi wisata bahari , mengetahui karakteristik pengunjung serta ingin mengetahui tingkat kepuasan pengunjung di Titik Nol Tanjung Bira kabupaten Bulukumba. Penelitian ini di laksanakan pada bulan November 2020 sampai dengan Desember 2020. Jenis penelitian ini di lakukan adalah survey dengan metode pengambilan sampel secara acak (random sampling), dengan jumlah responden sebanyak 50 Orang. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder dengan menggunakan analisis data secara kualitatif meliputi tingkat kepuasan pengunjung (IKP) dan atribut- atribut. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa karakteristik pengunjung Titik Nol Tanjung Bira di dominasikan dengan tingkat pendidikan yaitu pelajar/mahasiswa dan IKP dari dimensi tangibles dengan rata-rata ikp sebanyak 78.43% dengan kriteria puas , dimensi reability dengan nilai rata-rata sebanyak 64.56% dengan kriteria puas, dimansi Responsiveness dengan rata-rata 55.37 dengan kriteria cukup puas, assurance dengan nilai rata-rata sebanyak 67.17 dengan kriteria puas, dimensi emphaty nilai rata-rata IKP sebanyak 48.60 dengan kriteria cukup puas sedangkan amenities nilai rata-rata IKP sebanyak 35.54 dengan kriteris tidak puas, dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pengunjung untuk keseluruhan yaitu 58.27 dengan kriteris cukup puas.
Kata Kunci : Pariwisata,Pemerintah, Kepuasan pengunjung, karakteristik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Nov 2021 06:27
Last Modified: 02 Nov 2021 06:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10047

Actions (login required)

View Item
View Item