ELASTISITAS PERMINTAAN JASA WISATA ALAM BANTIMURUNG


ISNAN, WAHYUDI (2013) ELASTISITAS PERMINTAAN JASA WISATA ALAM BANTIMURUNG. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
wahyudiisn-2188-1-13-wahyu-7 cover1.jpg

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
wahyudiisn-2188-1-13-wahyu-7 1-2.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
wahyudiisn-2188-1-13-wahyu-7 dapus.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
wahyudiisn-2188-1-13-wahyu-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB)

Abstract (Abstrak)

WAHYUDI ISNAN. Elastisitas Permintaan Jasa Wisata Alam
Bantimurung. (dibimbing oleh Supratman dan Amran Achmad)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis elastisitas permintaan
jasa wisata alam Bantimurung, menganalisis kesediaan membayar dan
menentukan harga karcis masuk optimal kawasan wisata alam
Bantimurung.
Penelitian dilaksanakan di kawasan wisata alam Bantimurung.
Pengambilan sampel dilakukan secara purposive menggunakan metode
convienance sampling. Jumlah sampel yang diambil merujuk pada rumus
Slovin (Sevilla et. al., 2006) minimal sebanyak 100 sampel. Elastisitas
permintaan dihitung dengan membagi persentase perubahan jumlah
pengunjung dengan persentase perubahan harga tiket masuk. Pendugaan
kesediaan membayar dan penentuan harga tiket masuk optimal dilakukan
dengan menentukan fungsi permintaan jasa wisata alam Bantimurung
yang disimulasikan dengan harga tiket masuk. Selanjutnya membuat
kurva permintaan wisata alam yang menggambarkan hubungan antara
jumlah pengunjung dengan harga tiket masuk, dari kurva tersebut
diperoleh nilai kesediaan membayar, nilai yang dibayarkan dan surplus
konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan permintaan jasa wisata alam
Bantimurung tidak elastis. Fungsi permintaan wisata alam Bantimurung
mengikuti persamaan Y = 200,539 – 0,001 X1. Pada harga tiket saat ini
sebesar Rp. 15.000 didapatkan nilai rata-rata kesediaan membayar
pengunjung adalah sebesar Rp. 82.724 sehingga rata-rata pengunjung
menikmati surplus konsumen sebesar Rp. 67.724. Harga tiket masuk
optimal berada pada harga Rp. 75.000. Pada harga tiket masuk optimal
sebesar Rp. 75.000 diperoleh penerimaan sebesar Rp. 18.230.700.000.
Nilai kesediaan membayar rata-rata dari pengunjung adalah sebesar Rp.
118.032, dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 75.000 maka, rata-rata
pengunjung akan mendapatkan surplus konsumen sebesar Rp. 43.032.
Jika yang diinginkan kenaikan jumlah penerimaan bagi pengelola maka
harga tiket masuk dapat dinaikkan menjadi Rp. 75.000.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 01 Nov 2021 05:33
Last Modified: 01 Nov 2021 05:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9891

Actions (login required)

View Item
View Item