ANALISIS KARAKTERISTIK DAN MODEL HUBUNGAN ANTARA WAKTU TEMPUH DAN TUNDAAN PADA BUKAAN JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN MAKASSAR


HASMIDA., HASMIDA. (2012) ANALISIS KARAKTERISTIK DAN MODEL HUBUNGAN ANTARA WAKTU TEMPUH DAN TUNDAAN PADA BUKAAN JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
hasmida-2272-1-12-hasmi-6 cover1.jpg

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
hasmida-2272-1-12-hasmi-6 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
hasmida-2272-1-12-hasmi-6 dapus.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
hasmida-2272-1-12-hasmi-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Hasmida, Analisis Karakteristik dan Model Hubungan Antara Waktu
Tepuh dan Tundaan Bukaan Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar,
﴾dibimbing oleh Prof. Dr. –Ing. M. Yamin Jinca, MSTr dan Dr. Armin Lawi,
SSi., M.Eng﴿.
Pada saat ini banyak permasalahan lali lintas terjadi di kota Makasssar,
antara lain lamanya waktu dalam melakukan perjalanan dari tempat asal ke
tempat tujuan, ini dikarenakan kemacetan yang terjadi dimana-mana, seperti
terjadinya tundaan di bukaan median yang digunakan sebagai U-Turn.
Penelitian ini mempelajari tundaan kendaraan searah dan berlawanan
arah bagi kendaraan yang tidak akan melakukan U-Turn akibat kendaraan
yang melakukan U-Turn di bukaan median. Pengambilan dan penelitian
dilakukan dengan menggunakan dua unit video kamera untuk merekam waktu
tempuh tundaan kendaraan searah dan berlawanan arah yang melewati titik
pengamatan. Lokasi yangdiamati pada ruas jalan 6/2 D, yaitu Jalan Printis
Kemerdekaan Km 8, 9, 10, 15.
Perhitungan di empat lokasi pengamatan U-Turn, meliputi waktu tempuh
rata-rata di ruas jalan 6/2 D Jalan Printis Kemerdekaan Km 8, 9, 10, 15. Pada
lokasi pertama untuk kendaraan yang melakukan U-Turn sebesar 25,6 detik
dan untuk sepeda motor sebesar 19,4 detik. Lokasi kedua untuk kendaraan
yang melakukan U-Turn sebesar 24,3 detik dan untuk sepeda motor sebesar
17,9 detik. Lokasi ketiga untuk kendaraan yang melakukan U-Turn sebesar
22,7 detik dan untuk sepeda motor sebesar 16,6 detik. Lokasi keempat untuk
kendaraan yang melakukan U-Turn sebesar 20,5 detik dan untuk sepeda
motor sebesar 14,6 detik.
Pada lokasi pertama waktu tempuh untuk kendaraan yang tidak
melakukan U-Turn untuk kondisi terganggu sebesar 10,3-14,3 detik dan
sepeda motor sebesar 8.6-12.1 detik, untuk kendaraan yang tidak melakukan
U-Turn untuk kondisi tidak terganggu sebesar 7,5-9,3 detik dan sepeda
motor sebesar 6.7-8.2 detik. Tundaan kendaraan lokasi pertama di ruas jalan
6/2 D Jalan Printis Kemerdekaan Km 8 kondisi kendaraan terganggu 2,4-6,8
detik dan sepeda motor 1.5-5.4, untuk kondisi kendaraan tidak terganggu 01.8
detik dan sepeda motor 0-1.5 detik.
Pada lokasi kedua waktu tempuh untuk kendaraan yang tidak melakukan
U-Turn kondisi terganggu sebesar 9.9-12.9 detik dan sepeda motor sebesar
7.8-11.8 detik, untuk kendaraan yang tidak melakukan U-Turn kondisi tidak
terganggu sebesar 6.9-8.9 detik dan untuk sepeda motor sebesar 6.5-7.7
detik. Tundaan kendaraan lokasi kedua di ruas jalan 6/2 D Jalan Printis
Kemerdekaan Km 9 kondisi kendaraan terganggu 2.7-5.6 detik dan sepeda

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:10
Last Modified: 10 Nov 2021 02:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9757

Actions (login required)

View Item
View Item