STUDI KARAKTERISTIK LALU LINTAS SEPEDA MOTOR PADA RUAS JALAN TIPE TERBAGI DI KOTA MAKASSAR


ZAKARIA, AISYAH (2013) STUDI KARAKTERISTIK LALU LINTAS SEPEDA MOTOR PADA RUAS JALAN TIPE TERBAGI DI KOTA MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hassanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
aisyahzaka-2316-1-13-aisya-2 1-2.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
aisyahzaka-2316-1-13-aisya-2 cover1.jpg

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
aisyahzaka-2316-1-13-aisya-2 dapus.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
aisyahzaka-2316-1-13-aisya-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
AISYAH ZAKARIA Studi Karaktristik Lalu Lintas Sepeda Motor Pada Ruas Jalan Tipe
Terbagi Di Kota Makassar ( dibimbing oleh Saleh Pallu dan A.Arwin Amiruddin )
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik lalu lintas, khususnya yang
terkait dengan jenis kendaraan sepeda motor. Adapun karakteristik lalu lintas sepeda motor
yang ditinjau pada studi dianalisis meliputi volume, kecepatan, dan kerapatan. Lebih jauh,
studi ini juga akan memodelkan hubungan karakteristik makro lalu lintas khususnya model
hubungan antara volume dan kecepatan dengan pendekatan regressi linear, dimana konversi
variasi penggunaan ruang oleh berbagai tipe kendaraan menggunakan pendekatan Satuan
Sepeda Motor (SSM) dan Satuan Mobil Penumpang (SMP) berbasis MKJI’1997 sebagai
referensi pembanding .
Kegiatan pengumpulan data dalam rangka tujuan tersebut diatas dilakukan dengan
survai lalu lintas pada suatu ruas jalan tipe terbagi di Kota Makassar.Dalam hal ini survai
dilakukan di Jl.AP.Pettarani yang merupakan jalan tipe terbagi yang paling ramai di Kota
Makassar.Survai dilakukan dengan melakukan perekaman kondisi lalulintas sepanjang hari
dalam pertiga hari dengan 2 titik dengan menggunakan Video Kamera.
Dari hasil analisis model hubungan karakteristik Volume, Kecepatan dan Kepadatan
(S-V-D) seperti yang telah dijelaskan diatas, terlihat bahwa model yang sesuai untuk ruas
jalan Jl.A.P.Pettarani Titik 1 arah utara berbasis SSM adalah model Underwood dengan
persamaan model V = 1.026xSxLn (66,972/S) untuk hubungan antara volume dan kecepatan
(V-S) ; V = 66,972xDx e-x/108 untuk hubungan antara volume dan kepadatan (V-D) ; dan S =
66,972x e-x/108 untuk hubungan antara kecepatan dan kepadatan (S-D).
Untuk ruas jalan Jl.A.P.Pettarani Titik 1 arah selatan berbasis SSM adalah model
Underwood dengan persamaan model V = 980xSxLn (68,022/S) untuk hubungan antara
volume dan kecepatan (V-S) ; V = 68,022xDx e-x/108 untuk hubungan antara volume dan
kepadatan (V-D) ; dan S = 68,022x e-x/108 untuk hubungan antara kecepatan dan kepadatan
(S-D).
Untuk ruas jalan Jl.A.P.Pettarani Titik 2 arah utara berbasis SSM adalah model
Greenberg dengan persamaan model V = 1666,98XSXe-s/28.79 untuk hubungan antara volume
dan kecepatan (V-S) ; V = 300,98x D -40,57xDxLnD untuk hubungan antara volume dan
kepadatan (V-D) ; dan S = 300,98-40,57 x LnD untuk hubungan antara kecepatan dan
kepadatan (S-D).
Untuk ruas jalan Jl.A.P.Pettarani Titik 2 berbasis SSM adalah model Greenberg
dengan persamaan model V = 1619,01XSXe-s/28.79 untuk hubungan antara volume dan
kecepatan (V-S) ; V = 301,43 x D -40,79 xDxLnD untuk hubungan antara volume dan
kepadatan (V-D) ; dan S = 301,43-40,79 x LnD untuk hubungan antara kecepatan dan
kepadatan (S-D).
Kata-kata kunci:Karakteristik lalu lintas, sepeda motor, SSM, dan SMP

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 10 Nov 2021 00:32
Last Modified: 10 Nov 2021 00:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9746

Actions (login required)

View Item
View Item