STUDI EXPERIMEN HUBUNGAN BESARNYA ALIRAN AIR DENGAN TOTAL ANGKUTAN SEDIMEN PADA SALURAN TERBUKA


ANAS, HASBULLAH (2013) STUDI EXPERIMEN HUBUNGAN BESARNYA ALIRAN AIR DENGAN TOTAL ANGKUTAN SEDIMEN PADA SALURAN TERBUKA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
hasbullaha-2162-1-13-hasbu-3 cover1.jpg

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
hasbullaha-2162-1-13-hasbu-3 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
hasbullaha-2162-1-13-hasbu-3 dapus.pdf

Download (947kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
hasbullaha-2162-1-13-hasbu-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Pengendapan sedimen merupakan permasalahan yang paling dominan
pada saluran terbuka, pengetahuan mengenai angkutan sedimen yang terbawa oleh aliran
akan mempunyai arti penting bagi kegiatan pengembangan dan menejemen sumber daya
air,konservasi tanah, dan perencanaan bangunan pengaman pada sungai maupun pada saluran
terbuka.untuk menganalisa hal tersebut maka perlu dilakukan penelitian yang
mengkombinasikan antara permasalahan sedimen dengan besarnya aliran.
Penelitian ini dilakukan dengan menciptakan aliran untuk dimanfaatkan pada proses
pengangkutan sedimen (bed load transport) dan ( suspended load transport ). Kemudian
dilanjutkan dengan menganalisa perbandingan antara besar aliran ( debit ) dengan total
angkutan sedimen dasar ( bed load ) dan total angkutan sedimen layang (suspended load ).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persentase debit sedimen yang keluar pada
downstream saluran semakin besar berbanding lurus dengan besar aliran yang dikeluarkan
pada upstream. Perhitungan debit sedimen dasar dengan pendekatan empat parameter,
menunjukan nilai bed load (qb) yang paling mendekati hasil penelitian adalah parameter
Shield sedangkan untuk perhitungan debut sedimen layang ( suspended load ) yang juga
menggunakan empat parameter pendekatan, yang paling mendekati hasil penelitian adalah
parameter Chang, Simons dan Ricardson, hal ini dikarnakan adanya beberapa faktor dan
variabel yang mendekati kondisi sebenarnya seperti variabel berat jenis air, berat jenis
sedimen, kedalaman saluran, konsentrasi sedimen, diameter sedimen dan gaya geser sedimen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 09 Nov 2021 06:39
Last Modified: 09 Nov 2021 06:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9643

Actions (login required)

View Item
View Item