ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN INTERNAL DENGAN KEPUASAN KERJA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAMPUAN PETUGAS DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN YANG BERKUALITAS DI RSUD LANTO DG PASEWANG


INDRAYANTI, AISYAH (2013) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN INTERNAL DENGAN KEPUASAN KERJA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAMPUAN PETUGAS DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN YANG BERKUALITAS DI RSUD LANTO DG PASEWANG. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
aisyahindr-2229-1-13-aisya-8 cover.jpg

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
aisyahindr-2229-1-13-aisya-8 1-2.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
aisyahindr-2229-1-13-aisya-8 dapus.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
aisyahindr-2229-1-13-aisya-8.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Aisyah Indrayanti, Analisis Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Internal
Dengan Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kemampuan Petugas
Dalam Memberikan Pelayanan Yang Berkualitas Di RSUD Lanto Dg
Pasewang. Dibimbing oleh H. Abd.Rahman Kadir (Ketua) dan Syahrir
A.Pasinringi.
Kualitas pelayanan dalam sebuah rumah sakit sangat tergantung pada
pengelolaan segala sumber daya yang dimilikinya. Penunjang utama dari sumber
daya dalam rumah sakit adalah kualitas pelayanan internal sebagai unsur yang
sangat menentukan dalam memberikan pelayanan yang memuaskan kepada
pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas
layanan internal dengan kepuasan kerja serta implikasinya terhadap kemampuan
petugas dalam memberikan pelayanan yang berkualitas.
Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan rancangan Cross
Sectional Study. Populasi pada penelitian ini adalah petugas yang berhubungan
langsung dengan pasien di RSUD Lanto Dg Pasewang. Populasi sebanyak 361
orang. Sampel adalah sebagian petugas yang berhubungan langsung dengan
pasien sebanyak 156 orang. pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis chi
square dengan menggunakan uji Cramer’s V.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sedang
sarana dan prasarana kerja, kebijakan dan prosedur kerja, faktor manajemen,
pelatihan, komunikasi, imbalan dan pengakuan hasil dengan kepuasan kerja
petugas. Sedangkan kerjasama tim dan pencapaian tujuan kerja mempunyai
hubungan yang lemah dengan kepuasan kerja petugas. Terdapat hubungan
yang sedang faktor manajemen, pelatihan, komunikasi dengan kemampuan
kerja petugas. Sedangkan sarana dan prasarana kerja, kebijakan dan prosedur
kerja, kerjasama tim, pencapaian tujuan kerja, serta imbalan dan pengakuan
hasil mempunyai hubungan yang lemah dengan kemampuan kerja petugas
Penelitian ini menyarankan pentingnya peningkatan keterampilan petugas
dengan pelatihan atau pendidikan yang lebih tinggi, sehingga dapat memberikan
pelayanan perawatan, pemeriksaan, dan pengobatan yang akurat dan cepat.
memberikan pelayanan yang menyenangkan hati pasien, dapat diperoleh
dengan memberikan komunikasi dan penjelasan tentang tindakan sebelum
melakukan tindakan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 09 Nov 2021 06:34
Last Modified: 09 Nov 2021 06:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9633

Actions (login required)

View Item
View Item