ANALISIS PENGARUH STRATEGI POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN STARBUCKS COFFEE DI MAKASSAR


LAELY MUSTAIN, HASMA (2012) ANALISIS PENGARUH STRATEGI POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN STARBUCKS COFFEE DI MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
hasmalaely-2025-1-12-hasma-) COVER1.jpg

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
hasmalaely-2025-1-12-hasma-) 1-2.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
hasmalaely-2025-1-12-hasma-) DAPUS.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
hasmalaely-2025-1-12-hasma-).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
HASMA LAELY MUSTAIN, A211 08 270 Analisis Pengaruh Strategi
Positioning terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen STARBUCKS
COFFEE di Makassar. (dibimbing oleh Indriyanti Sudirman dan Abd. Razak
Munir)
Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi
positioning terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk dari
Starbucks Coffee di Makassar. Variabel independen yang diteliti yaitu; atribut
produk (X1), manfaat produk(X2), pemakai produk(X3), pesaing produk(X4),
kategori produk(X5) dan harga produk(X6) (yang merupakan variabel turunan
dari strategi positioning) dengan variabel dependen yaitu keputusan pembelian
pada konsumen Starbucks Coffee di Makassar. Untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh variabel independen (atribut, manfaat, pemakai, pesaing, kategori dan
harga) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) digunakan analisis
regresi berganda dengan metode analisa uji t dan uji F.
Penelitian ini menngunakan sampel sebanyak 100 responden konsumen
Starbucks di Makassar. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling atau non probability sampling yang merupakan tipe pemilihan
sampel secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu,
umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Uji yang digunakan
untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji realibilitas. Uji
hipotesis menggunakan uji F dan uji t, sedangkan untuk menganalisis data, yang
digunakan adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis regresi
berganda diperoleh persamaan:
Y = 0,40X1 + 0,379X2+ (-0,225)X3+ 0.58X4+ 0.319X5+ 0,215X6
Seluruh variabel independen kecuali variabel pemakai produk(X3) memiliki
korelasi yang searah dengan variabel dependen (keputusan pembelian). Dan
variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah
variabel pesaing produk dengan koefisien sebesar 0,58. Nilai koefisien
determinasi (R2
) sebesar 0.557, artinya seluruh variabel turunan strategi
positioning mempunyai kontribusi secara bersama-sama sebesar 55,7% terhadap
variabel dependen (Y) yakni keputusan pembelian. Sisanya 44,3% dipengaruhi
oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian. Melalui uji F dapat
diketahui bahwa seluruh variabel independen memang layak untuk menguji
variabel dependen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa
dari keenam variabel independen hanya empat variabel yang terbukti secara
signifikan mempengaruhi variabel dependen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 08 Nov 2021 15:05
Last Modified: 08 Nov 2021 15:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9478

Actions (login required)

View Item
View Item