INTEGRITAS BIROKRAT GARIS DEPAN (STREET LEVEL BUREUCRATS) DALAM PELAYANAN KESEHATAN GRATIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) ANDI MAKKASAU KOTA PAREPARE

EDYANTO, EDYANTO (2013) INTEGRITAS BIROKRAT GARIS DEPAN (STREET LEVEL BUREUCRATS) DALAM PELAYANAN KESEHATAN GRATIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) ANDI MAKKASAU KOTA PAREPARE. Thesis-S2 thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Copver]
Preview
Image (Copver)
edyanto-2015-1-13-edian-1 COVER1.jpg

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
edyanto-2015-1-13-edian-1 1-2.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
edyanto-2015-1-13-edian-1 DAPUS.pdf

Download (966kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
edyanto-2015-1-13-edian-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
EDYANTO. Integritas Birokrat Garis Depan (Street Level Bureucrats) dalam
Pelayanan Kesehatan Gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi
Makkasau Kota Parepare (dibimbing oleh Deddy T.Tikson, dan Sangkala).
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan integritas birokrat garis depan
(Street level bureucrats) dalam pelayanan kesehatan gratis di Kota Parepare
dilihat dari standard operating procedures (SOP).
Metode penelitian yang dipakai adalah metode dengan pendekatan
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,
observasi, dan analisis dokumen. Penentuan informan penelitian dilakukan
secara accidental yaitu teknik penentuan informan yang dilakukan secara
prinsip kebetulan, yaitu siapa saja masyarakat yang secara kebetulan bertemu
dengan peneliti di lapangan ditetapkan sebagai informan. Data pada penelitian
ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis taksonomi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Integritas birokrat garis depan
(street level bureucrats) dalam pelayanan pasien rawat jalan program
kesehatan gratis yang dilihat berdasarkan SOP dan dihubungkan dengan
prinsip-prinsip pelayanan menunjukkan sudah maksimal. Hal ini terlihat dari
terlaksananya prinsip-prinsip pelayanan dengan baik, kecuali prinsip kejujuran.
Prinsip kejujuran tidak terpenuhi karena pasien menganggap tidak adanya
kejelasan biaya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. Mengenai
Integritas street level bureucrats dalam pelayanan pasien rawat inap program
kesehatan gratis yang dilihat berdasarkan SOP dan dihubungkan dengan
prinsip-prinsip pelayanan menunjukkan bahwa, petugas pelayanan memberikan
kemudahan dalam masalah prosedur pelayanan kesehatan gratis. Petugas juga
memberikan kepastian waktu dalam hal prosedur. Mengenai perilaku petugas
ditemukan masih adanya tindakan diskriminasi oleh perawat terhadap para
pengguna layanan kesehatan gratis. Kejujuran petugas untuk menjelaskan
mengenai biaya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan gratis adalah
masalah yang dikeluhkan oleh sebagian pengguna layanan kesehatan gratis.
Petugas dalam memberikan pelayanan kepada pasien sudah menunjukkan
ketelitian. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa masih ada petugas yang
tidak disiplin, petugas yang kurang ramah dan tidak sopan. Sarana dan
prasarana yang diberikan oleh petugas layanan kepada pasien belum
memuaskan masyarakat pengguna layanan kesehatan gratis.

Item Type: Thesis (Thesis-S2)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 08 Nov 2021 11:18
Last Modified: 08 Nov 2021 11:18
URI: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/9411

Actions (login required)

View Item
View Item