PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PT PLN (PERSERO) WILAYAH SULSEL SULTRA & SULBAR CABANG PARE-PARE)


Nurbaya, Nurbaya (2013) PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PT PLN (PERSERO) WILAYAH SULSEL SULTRA & SULBAR CABANG PARE-PARE). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
nurbaya-1804-1-13-nurba-0 cover1.jpg

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
nurbaya-1804-1-13-nurba-0 1-2.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
nurbaya-1804-1-13-nurba-0 dapus-lam.pdf

Download (553kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
nurbaya-1804-1-13-nurba-0.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Metode Balanced Scoecard
(Studi Kasus PT PLN (Persero) Wilayah Sulsel Sultra & Sulbar Cabang
Parepare)
Nurbaya
M. Ishak Amsari
M. Natsir Kadir
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja dengan menggunakan metode
Balanced Scorecard (BSC) studi kasus PT PLN (Persero) Cabang Parepare,
melalui empat perspektif yaitu: keuangan, pelanggan, bisnis internal dan
pertumbuhan dan pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui metode
kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif yaitu dengan penyebaran kusioner pada
pelanggan dan karyawan dan kuantitatif yaitu dengan menggunakan rasio-rasio
dari empat perspektif Balanced Scorecard. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa kinerja dari masing-masing perspektif yaitu (1)perspektif keuangan secara
keseluruhan dinilai baik karena secara umum rasio-rasio keuangan mengalami
peningkatan dari standar yang ditetapkan, (2)perspektif pelanggan umumnya
merasa puas atas layanan yang diberikan oleh perusahaan dengan indeks yang
dicapai dari hasil penyebaran kusioner dikategorikan puas, (3) perspektif bisnis
internal disimpulkan baik karena perusahaan melakukan inovasi-inovasi produk
yang akan ditawarkan kepada para pelanggan dan adanya layanan call center
untuk lebih memudahkan pelanggan mendapatkan informasi, (4) perspektif
pembelajaran dan pertumbuhan dari hasil penyebaran kusioner umumnya
karyawan merasa puas bekerja pada perusahaan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:52
Last Modified: 26 Oct 2021 03:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9238

Actions (login required)

View Item
View Item