PENGARUH EDUKASI GIZI TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN GAYA HIDUP SEDENTARY PADA ANAK GIZI LEBIH DI SDN SUDIRMAN I MAKASSAR TAHUN 2013


ROSTANIA, MARISA (2013) PENGARUH EDUKASI GIZI TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN GAYA HIDUP SEDENTARY PADA ANAK GIZI LEBIH DI SDN SUDIRMAN I MAKASSAR TAHUN 2013. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
marisarost-1699-1-13-maris-1 cover1.jpg

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
marisarost-1699-1-13-maris-1 1-2.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
marisarost-1699-1-13-maris-1 dapus-lam.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
marisarost-1699-1-13-maris-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Marisarostania
“Pengaruh Edukasi Gizi Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Gaya Hidup
Sedentary Pada Anak Gizi Lebih di SDN Sudirman I Makassar Tahun 2013”
(xii + 75 Halaman + 14 Tabel + 3 Gambar + 9 Lampiran)
Obesitas mulai menjadi masalah kesehatan diseluruh dunia. Bahkan
WHO sebagai organisasi kesehatan dunia telah menyatakan bahwa obesitas
merupakan masalah epidemi global. Di Indonesia, terutama di kota-kota besar,
dengan adanya perubahan gaya hidup yang menjurus ke westernisasi dan
sedentary berakibat pada perubahan pola makan atau konsumsi masyarakat yang
berdampak meningkatkan risiko obesitas (WHO, 2000). Melihat tingginya
prevalensi obesitas dan dampak buruk dari obesitas itu sendiri, maka perlu
dilakukan pencegahan sejak dini untuk mengurangi tingkat prevalensi dan dalam
rangka menciptakan sumber daya manusia yang lebih baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi terhadap
pengetahuan dan gaya hidup sedentary pada anak gizi lebih . Jenis penelitian yang
digunakan adalah pra eksperimental. Jumlah sampel yaitu 55 responden. Analisis
data dilakukan dengan menggunakan analisis Univariat dan Bivariat.
Hasil penelitian ini menunjukkan, ada pengaruh signifikan antara edukasi
gizi dengan perubahan pengetahuan anak gizi lebih di Sekolah Dasar Sudirman I
Makassar Tahun 2013 dengan nilai p 0,000 (p<0,05). Dan Tidak ada hubungan
yang bermakna antara edukasi yang diberikan dengan perubahan gaya hidup
sedentary pada anak gizi lebih di Sekolah Dasar Sudirman I Makassar Tahun
2013 dengan nilai p 0,108 (p>0,05).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh edukasi terhadap
pengetahuan dan edukasi tidak berpengaruh terhadap gaya hidup sedentary.
Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian yang lebih
spesifik mengenai gaya hidup sedentary.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 08 Nov 2021 05:47
Last Modified: 08 Nov 2021 05:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9163

Actions (login required)

View Item
View Item