STUDENTS’ ABILITY TO COMPREHEND IDIOM AND SLANG FROM MOVIES: A STUDY CASE IN ENGLISH LITERATURE STUDENT UNIVERSITAS HASANUDDIN BATCH 2017-2018


FRANJIH, LUTHFI ANNISAA MUFIDAH (2021) STUDENTS’ ABILITY TO COMPREHEND IDIOM AND SLANG FROM MOVIES: A STUDY CASE IN ENGLISH LITERATURE STUDENT UNIVERSITAS HASANUDDIN BATCH 2017-2018. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F041171321_skripsi_19-10-2021 cover1.jpg

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F041171321_skripsi_19-10-2021 Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F041171321_skripsi_19-10-2021 Dapus-lamp.pdf

Download (947kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F041171321_skripsi_19-10-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

LUTHFI ANNISAA MUFIDAH FRANJIH (F041171321). Kemampuan Mahasiswa Memahami Idiom dan Slang Dari Film: Studi Kasus Sastra Inggris Mahasiswa Universitas Hasanuddin Angkatan 2017-2018 (Dibimbing oleh Abidin Pammu dan Rezky Ramadhani)
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan film terhadap pemahaman siswa tentang idiom dan bahasa gaul dan kesulitan yang mungkin mereka hadapi dalam memahaminya. Sebagai penutur bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, film sebagai salah satu bentuk budaya populer merupakan salah satu dari banyak bentuk budaya populer yang dapat digunakan untuk memahami dan mempelajari bahasa Inggris dengan lebih baik.
Penulis menggunakan film-film Marvel Cinematic Universe (film-film bergenre Superhero) sebagai sampel idiom dan bahasa gaulnya dalam penelitian ini. Untuk menganalisis data, penulis memutuskan untuk menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Responden penelitian ini berjumlah 50 orang mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Universitas Hasanuddin angkatan 2017-2018. Data dikumpulkan dengan menggunakan pertanyaan terbuka dan tertutup dan selanjutnya dikelompokkan menjadi dua kelompok. A) Responden yang menonton film lebih dari enam jam seminggu, dan B) Responden yang menonton film kurang dari enam jam seminggu.
Berdasarkan temuan dan analisis, penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas responden menganggap bahwa film efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang idiom dan slang. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya responden dari kelompok A yang mendapatkan nilai baik dari angket dan kesulitan dalam memahaminya lebih sedikit dibandingkan dengan responden dari kelompok B.
Kata kunci: komprehensi, idiom, slang, film

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Nov 2021 05:22
Last Modified: 08 Nov 2021 05:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9134

Actions (login required)

View Item
View Item