TAUFIK, RUSTAM (2012) ANALISIS PENERAPAN SISTEM ANTRIAN MODEL M/M/S PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG PEMBANTU UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
rustamtauf-1534-1-12-rusta-) cover.jpg
Download (236kB) | Preview
rustamtauf-1534-1-12-rusta-) 1-2.pdf
Download (269kB)
rustamtauf-1534-1-12-rusta-) dapus-lam.pdf
Download (61kB)
rustamtauf-1534-1-12-rusta-).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (497kB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
Sering terjadi penumpukan antrian yang cukup banyak dan nasabah
membutuhkan cukup waktu lama untuk menunggu giliran mendapatkan pelayanan
pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu
Universitas Hasanuddin Makassar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja sistem antrian
yang saat ini diaplikasikan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor
Cabang Pembantu Universitas Hasanuddin Makassar.
Berdasarkan hasil penelitian, model M/M/S (Multiple Channel Query System)
yang diterapkan oleh PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang
Pembantu Universitas Hasanuddin Makassar sudah baik karena waktu terpanjang
yang dibutuhkan seorang nasabah dalam antrian hanya selama 2,2366 menit serta
antrian terpanjang hanya sebanyak 2,3875 orang dan ini terjadi hanya pada periode
waktu jam 10.00-11.00 setiap harinya. Namun terkadang pada waktu-waktu tertentu
hanya ada tiga teller yang beroperasi karena ada satu teller yang digunakan untuk
melayani nasabah yang akan membayar pajak dan pengambilan gaji, dan khusus
saluran ini tidak menggunakan kartu antrian. Hal ini mengakibatkan peningkatan ratarata jumlah nasabah yang mengantri pada periode waktu 10.00-11.00 adalah
sebanyak 10,5215 nasabah. Ini dapat dibuktikan berdasarkan perhitungan di atas
bahwa pada jam sibuk yaitu jam 10.00-11.00 jumlah nasabah yang mengantri
sebanyak 2,3857 dan ketika ada penugasan satu orang teller maka nasabah yang
mengantri menjadi 12,9027, serta terjadi peningkatan jumlah rata-rata waktu yang
dibutuhkan nasabah dalam antrian yang sebelumnya adalah 2,2366 menit menjadi
12,1005. Oleh karena itu PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang
Pembantu Universitas Hasanuddin Makassar perlu mempertimbangakan tingkat
kedatangan nasabah dan tingkat antrian yang terjadi setiap harinya. Agar kinerja
operasional PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu
Universitas Hasanuddin Makassar secara keseluruhan tidak terganggu dan proses
transaksi dapat berjalan secara optimal sehingga tidak membuat nasabah mengantri
terlalu lama dalam melakukan transaksi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Depositing User: | Kamaluddin |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 04:35 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 04:35 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9107 |