TINDAK TUTUR PERSUASIF BERBAHASA BUGIS PADA POSTER COVID-19 DI KABUPATEN MAROS


IRWANI, IRWANI (2021) TINDAK TUTUR PERSUASIF BERBAHASA BUGIS PADA POSTER COVID-19 DI KABUPATEN MAROS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F021171002_skripsi_01-10-2021 cover1.jpg

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F021171002_skripsi_01-10-2021 Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F021171002_skripsi_01-10-2021 Dapus-lamp.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F021171002_skripsi_01-10-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Irwani. 2021. Tindak Tutur Persuasif Berbahasa Bugis Pada Poster COVID-19 Di Kabupaten Maros. Dibimbing oleh (Gusnawaty, dan Firman Saleh).
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur serta strategi tindak tutur persuasif yang digunakan dalam poster COVID-19 berbahasa Bugis di Kabupaten Maros. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan dan menginterpretasi data berdasarkan teori pragmatik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk tindak tutur persuasive dalam poster COVID-19 meliputi 3 kategori yakni, pertama tindak tutur persuasive direktif, yang terdiri atas tindak tutur persuasif direktif menyuruh, tindak tutur persuasif direktif melarang, tindak tutur persuasif direktif mengajak, dan tindak tutur persuasif direktif menanyakan. Kedua, tindak tutur persuasif kategori asertif yang terdiri atas tindak tutur persuasif asertif menyatakan, dan tindak tutur persuasif asertif mengumumkan. Ketiga, tindak tutur persuasif kategori ekspresif salam. Selanjutnya, strategi persuasif dalam poster COVID-19 berbahasa Bugis terdiri atas 2 kategori yakni, tindak tutur langsung dan tndak tutur tidak langsung. Disimpulkan bahwa bentuk tindak tutur dalam poster COVID-19 berbahasa Bugis lebih banyak menggunakan tindak tutur direktif yang mendorong mitra tutur untuk melakukan sesuatu dan dalam mempersuasi khalayak strategi persuasive yang paling banyak digunakan adalah tindak tutur langsung.
Kata kunci: tindak tutur, strategi persuasif, poster COVID-19, bahasa Bugis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Nov 2021 04:02
Last Modified: 08 Nov 2021 04:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9088

Actions (login required)

View Item
View Item